Home > Ragam Berita > Ekonomi > Dikejar Soal Pajak, Google Justru Bangga Hindari Pajak

Dikejar Soal Pajak, Google Justru Bangga Hindari Pajak

Jakarta – Perusahaan raksasa Google saat ini sedang dikejar-kejar oleh beberapa negara terkait pajak yang harus mereka bayarkan, termasuk di Indonesia. Namun demikian, Chairman Google Eric Schmidt justru bangga perusahaannya berhasil meminimalisir pembayaran pajak dengan cara yang tidak melanggar hukum.

Dikejar Soal Pajak, Google Justru Bangga Hindari Pajak

Menurut Eric Schmidt, mengalirkan keuntungan perusahaan ke negara Bermuda yang memberlakukan pajak kecil bukanlah sebuah pelanggaran hukum. Eric Schmidt juga menambahkan, Google sudah membayar pajak sesuai dengan peraturan, dan itu tidak sedikit.

“Kami sudah membayar pajak yang banyak. Kami membayarnya dengan cara yang sudah ditentukan secara legal,” sebut Eric, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (19/9/2016).

“Aku sangat bangga dengan struktur yang kami buat. Kami melakukannya berdasarkan insentif yang ditawarkan pemerintah. Inilah yang disebut kapitalisme. Kami bangga sebagai perusahaan kapitalis. Aku tidak meragukan soal ini,” jelasnya.

Namun demikian, pernyataan dari bos Google ini mendapatkan kecaman dari salah seorang anggota parlemen Inggris, Margaret Hodge.

“Mengatakan hal semacam itu adalah arogan dan penghinaan bagi konsumennya di Inggris,” kata Margaret Hodge.

“Orang-orang biasa yang patuh membayar pajak tentu sakit hati dan lelah melihat perusahaan yang sungguh sangat menguntungkan seperti Google menggunakan segala macam trik untuk mengakali kontribusi pajak yang adil,” tambahnya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Prabowo Akan Umumkan Sudirman Said Sebagai Cagub Jateng Besok

Prabowo Akan Umumkan Sudirman Said Sebagai Cagub Jateng Besok

Jakarta – Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dikabarkan akan mengumumkan nama mantan Menteri ESDM Sudirman ...