Home > Ragam Berita > Nasional > Dibanding Bulan Juni, Elektabilitas Ahok Turun 5 Persen

Dibanding Bulan Juni, Elektabilitas Ahok Turun 5 Persen

Jakarta – Jelang dibukanya pendaftaran Calon Gubernur (Cagub) DKI, elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terus menurun. Sementara elektabilitas empat pesaingnya terus menanjak. Mereka Yusril Ihza Mahendra, Tri Rismaharani, Rizal Ramli dan Sandiaga S Uno. Disimpulkan, Yusril, Risma dan Rizal Ramli bisa kalahkan Ahok.

Dibanding Bulan Juni, Elektabilitas Ahok Turun 5 Persen

Survei opini publik, yang dilakukan oleh peneliti dari Lembaga Survei Stratak Indonesia (Stratakindo), pada 2 hingga 10 September, diakui elektabilitas Ahok masih tertinggi dengan perolehan 43,2 persen dibanding empat kandidat lainnya.

“Namun demikian, perolehan persentase Ahok itu menurun dibanding survei, Juni 2016, yang mencapai angka 48, 2 persen atau menurun lima persen dalan tiga bulan terakhir,” kata Octarina Subarjo, Peneliti Lembaga Survei Stratak Indonesoa (Stratakindo) kepada media saat rilis hasil survei di Mercure Hotel Simatupang, Jl. RA. Kartini, No. 18 Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (17/9/2016).

Sebaliknya, empat kompetitor Ahok terus menanjak perolehan angkanya. Ini berarti persaingan perebutan kursi nomor satu di DKI akan berjalan seru dan tidak mudah dimenangkan Ahok. Empat kompetitor yang dimaksud, adalah Yusril Ihza Mahendra 12.8 persen (perolehana survei Juni 2016), kini 27 persen (survei September 2016, Tri Rismaharani dari 5.9 persen menjadi 7,8 persen, Rizal Ramli (Juni tak ada data) Rizal Ramli 4,8 persen dan Sandiaga S Uno 2.3 persen, kini 4,5 persen. Tidak Jawab/ Rahasia: 12,7 persen, kini 12,7 persen. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Deddy Mizwar Lakukan Safari Politik ke PAN dan Demokrat

Peluang Deddy Mizwar Untuk Diusung Gerindra Dalam Pilkada Jabar 2018 Masih Besar

Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyerahkan sepenuhnya keputusan pencalonan dirinya dalam Pilkada ...