Home > Ragam Berita > Nasional > Calon Petahana Harus Berikan Surat Cuti jika Ingin Maju dalam Pilgub

Calon Petahana Harus Berikan Surat Cuti jika Ingin Maju dalam Pilgub

Jakarta – Pendaftaran kandidat cagub dan cawagub telah dibuka. Nah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno pun menjelaskan syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah pernyataan tertulis cuti selama kampanye.

Calon Petahana Harus Berikan Surat Cuti jika Ingin Maju dalam Pilgub

Dia menjelaskan, ketentuan ini telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2016, yang menyatakan jika petahana tidak menyerahkan surat cuti setelah ditetapkan sebagai calon kepala daerah, maka alasan itu menjadi penyebab tidak sahnya calon itu.

”Di UU memang tidak ada aturan mengenai sanksi kalau petahana tidak cuti. Oleh karena itu PKPU terbaru hasil konsultasi dengan Komisi II DPR RI kemudian mensyaratkan harus ada surat cuti, kalau tidak pencalonannya (petahana) ini bisa dibatalkan oleh KPU,” kata Sumarno di Jakarta pada Rabu (21/9/2016)

Dengan demikian, bakal calon petahana, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Purnama atau Ahok, diwajibkan menyerahkan surat pernyataan bersedia cuti pada masa kampanye.

Selain itu, kepala daerah yang akan mencalonkan dirinya kembali di daerah lain, diwajibkan melampirkan surat bersedia mengundurkan diri saat ditetapkan sebagai calon.

”Surat pernyataan pengunduran diri ini juga berlaku untuk pegawai negeri sipil (PNS), serta anggota Polri dan TNI yang mendaftar sebagai calon kepala daerah,” tuturnya. (Tita Yanuantari – harianido.com)

x

Check Also

Ini Harapan MUI Usai Pemerintah Ambil Alih Sertifikasi Halal

Ini Harapan MUI Usai Pemerintah Ambil Alih Sertifikasi Halal

Jakarta – Sejak hari rabu (11/10/2017) lalu pemerintah telah secara resmi mengambil alih pengelolaan sertifikasi ...