Medan – Sebuah video amatir yang direkam oleh pengguna jalan yang terkena razia dan harus merasakan ‘diperas’ oleh oknum polantas agar tidak ditilang tersebar luas di media sosial, termasuk YouTube.

Video Oknum Polantas Peras Pengguna Jalan di Jalur Lintas Sumatera Jadi Viral

Dalam video berdurasi 1 menit 45 detik tersebut diduga diambil oleh salah seorang pengguna jalan yang terkena razia di Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum), Kabupaten Labuhan Batu.

Dalam video tersebut, oknum polantas dari Polres Labuhan Batu berkacamata hitam yang tidak diketahu namanya tersebut terlihat meminta uang kepada pengendara yang terjaring agar tidak ditilang.

Oknum polantas dan pengendara yang terjaring tersebut berdiri di belakang mobil polisi bak terbuka. Disana mulai terjadi tawar menawar diantara mereka.

“Cuma segitu kami ada pak, Rp50 ribu,” kata si pengendara yang merekam video sambil mengeluarkan uang recehnya.

“Mana dapat segitu, ditilang kamu nanti kalau cuma segitu. Mana dapat segitu, terus terang saya bilang. Sudah 80 (ribu), biar cepat bapak berangkat, ngapain lama-lama disini,” jawab polantas itu.

Menurut Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, keempat oknum polantas yang mengadakan razia tersebut bertugas di Polres Labuhan Batu.

“Keempatnya anggota Polres Labuhan Batu, saat ini mereka sedang diperiksa Propam Polda Sumut terkait hal itu,” jelas Kombes Rina saat dikonfirmasi, Rabu (21/9/2016).
(Samsul Arifin)