Home > Ragam Berita > Internasional > Uji Nuklir Tetap Dilakukan meski Pyongyang Dilanda Banjir Bandang

Uji Nuklir Tetap Dilakukan meski Pyongyang Dilanda Banjir Bandang

Pyongyang – Korea Utara (Korut) dikabarkan sedang dilanda banjir bandang. Akibatnya, ratusan orang tewas ribuan orang kehilangan rumah. Meski sedang dilanda bencana, otoritas Korut tetap melakukan pengembangan senjata nuklir.

Uji Nuklir Tetap Dilakukan meski Pyongyang Dilanda Banjir Bandang

Menurut laporan otoritas berwenang di Korut, 138 orang dilaporkan tewas dan 400 orang lainnya masih hilang. Sementara itu, lebih dari 100 ribu orang kehilangan tempat tinggal. “Jika melihat skala kerusakan, sejumlah orang telah terkena dampak dan fakta menunjukkan bahwa musim dingin akan segera mendekat, waktu adalah sangat penting,” ujar Juru Bicara Hak Asasi Manusia (HAM) Tomas Ojea Quintana

”Saat ini, bantuan sangat dibutuhkan berupa makanan, bantuan kesehatan dan tempat tinggal sementara bagi korban bencana,” terang Quintana, sebagaimana diberitakan Time pada Rabu (21/9/2016).

Selama ini, Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel), dan Jepang adalah negara yang sering memberikan bantuan kepada Korut. Namun ahli dalam bidang kajian internasional dan Asia di Universitas Hongkong, Bradley Williams mengatakan, akibat tindakan militer Korut yang akhir-akhir ini terus bertindak agresif dengan melakukan program uji nuklir, hal itu telah mengubah niat baik negara tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Lakukan Perjalanan Bisnis, Miliarder Palestina Ini Diciduk di Arab Saudi

Lakukan Perjalanan Bisnis, Miliarder Palestina Ini Diciduk di Arab Saudi

Riyad – Miliarder Palestina Sabih al-Masri ditahan di Arab Saudi saat sedang melakukan perjalanan bisnis ...