Home > Ragam Berita > Internasional > Tiongkok Mendapat Peluang untuk Lakukan Ekspor Nuklir ke Barat

Tiongkok Mendapat Peluang untuk Lakukan Ekspor Nuklir ke Barat

Beijing – Tiongkok belum lama ini bergabung dalam proyek pembangkit listrik tenaga nuklir. Pembangunan tersebut bakal dilakukan di Hinkley Point C. Tepatnya, di barat London. Hal tersebut membuat mereka dapat melakukan ekspor teknologi nuklir ke dunia Barat.

Tiongkok Mendapat Peluang untuk Lakukan Ekspor Nuklir ke Barat

Saat ini keterlibatan China hanyalah dalam menanam modal untuk proyek bernilai USD24 miliar yang akan menggunakan dua reaktor nuklir buatan Perancis yang dipasok oleh Electricite de France. Namun, menurut para analis, kesempatan ini akan memungkinkan China nantinya ikut dalam proyek pembangkit listrik yang lebih penting di Bradwell, Inggris Timur.

Perusahaan China, General Nuclear Corporation, yang merupakan investor dalam proyek di Hinkley Point, telah menandatangani perjanjian kelayakan awal untuk ikut dalam proyek Bradwell itu

”Proyek Hinkley Point sepenuhnya didasarkan pada rancangan Perancis, tapi proyek Bradwell akan sangat penting bagi China karena mereka akan bisa menggunakan teknologi nuklirnya sendiri,” kata Kepala Penelitian untuk Unit Kebijakan China Eropa Jan Gaspers di Berlin sebagaimana diberitakan Reuters pada Rabu (21/9/2016).

Sementara itu, Hanya beberapa negara berkembang seperti Pakistan yang menggunakan reaktor nuklir buatan China. Negara-negara itu tidak menjalankan kontrol keamanan seketat yang dijalankan di dunia Barat.

Jika China mendapat persetujuan untuk membangun proyek nuklir Bradwell di Inggris dengan menggunakan reaktornya sendiri, ini akan membuka pintu bagi China untuk mengekspor reaktor-reaktor nuklirnya ke dunia barat. (Tita Yanuantari-harianindo.com)

x

Check Also

Rencana Penembakan Bocor Dari Buku Diary, Remaja Putri Ini Diamankan Polisi

Rencana Penembakan Bocor Dari Buku Diary, Remaja Putri Ini Diamankan Polisi

Washington DC – Kepolisian Maryland mengamankan seorang remaja putri bernama Nichole Cevario (18) yang diduga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis