Home > Ragam Berita > Internasional > Seorang Pilot Pesawat Mata-Mata AS Tewas setelah Alami Kecelakaan

Seorang Pilot Pesawat Mata-Mata AS Tewas setelah Alami Kecelakaan

Washington – Pesawat mata-mata U-2 mengalami kecelakaan. Akibatnya, Seorang pilot Amerika Serikat tewas dan seorang cedera antaran melontarkan diri saat kecelakaan.

Seorang Pilot Pesawat Mata-Mata AS Tewas setelah Alami Kecelakaan

Pesawat tersebut jatuh pada Selasa 20 September pukul 9.00 waktu setempat sesaat setelah lepas landas di kawasan tidak berpenghuni di daerah Sutter, di utara ibu kota negara bagian Sacramento. Angkatan Udara AS awalnya mengungkapkan kedua pilot melontarkan diri dengan selamat, namun kemudian menyatakan salah satu pilot tewas.

Sebagaimana diberitakan AFP pada Rabu (21/9/2016) melaporkan, pesawat mata-mata tersebut merupakan milik Skuadron Reconnaissance Pertama di Pangkalan Udara Beale.

Juru bicara Beale Tristan Viglianco mengatakan pihaknya belum mengetahui apakah korban tewas saat melontarkan diri atau sesudahnya.

Pesawat mata-mata U-2 menjadi sorotan dunia saat Perang Dingin ketika salah satu pesawat mata-mata rahasia tersebut yang diterbangkan oleh pilot Gary Powers ditembak jatuh di Uni Soviet.

Angkatan Udara AS masih mengoperasikan 33 unit U-2, lima di antaranya merupakan pesawat latihan dengan dua kursi. Dengan ketinggian maksimum 70 ribu kaki, U-2 awalnya dirancang untuk terbang di luar jangkauan pertahanan udara Soviet. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Madrid – Hingga pukul 10.00 waktu setempat (15.00 WIB), Presiden Catalonia Carles Puigdemont tetap tidak ...