Home > Ragam Berita > Nasional > Beredar Percapakan Anies Baswedan Sempat Tolak Jadi Cawagub Sandiaga Uno

Beredar Percapakan Anies Baswedan Sempat Tolak Jadi Cawagub Sandiaga Uno

Jakarta – Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan akhirnya resmi dipilih menjadi calon gubernur DKI Jakarta oleh Koalisi Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan Sandiaga Uno menjadi cawagubnya.

Beredar Percapakan Anies Baswedan Sempat Tolak Jadi Cawagub Sandiaga Uno

Namun sebelumnya sempat beredar bocoran percakapan antara Anies Baswedan dan Peneliti Senior CSIS Philips Jusario Vermonte yang isinya mengungkapkan bahwa Anies sempat menolak menjadi calon wakil gubernur berdampingan dengan Sandiaga Uno.

Dikutip dari akun Facebook milik Philip, Jumat (23/9/20016), awalnya Philips dihubungi oleh orang dekat Sandiaga Uno saat dirinya masih berada di Kamboja. Orang tersebut meminta Philip untuk menghubungi Anies Baswedan agar bersedia menjadi wakil gubernur berpasangan dengan Sandiaga Uno.

“Bung, urgent. Demokrat dan PPP akan jalan sendiri, tinggal Gerindra dan PKS masih rapat. Sandi lagi duduk sama Prabowo, gue diminta tanyakan kesediaan Anies untuk tetap maju bersama Sandi,” kata Philips.

“Jadi saya bilang, ‘ok saya akan hubungi Anies sekarang,” lanjutnya.

Saat ia telpon pertama kali, belum tersambung. Philip lantas bertanya kembali kepada orang yang menelponnya apakah posisi Anies nantinya akan menjadi cagub ataukah cawagub, dan apakah ada syarat-syaratnya.

“Saya kontak teman tadi, jawabannya, Anies cawagubnya, Sandi cagubnya. Karena maju melalui Gerindra. Dan sama sekali tidak ada syarat lain,” tulis Philip.

Saat bisa tersambung dengan Anies, Philip lantas mengutarakan maksud dari orang dekat Sandiaga Uno tersebut.

“What do you think (apa yang kamu pikirkan)?” tanya Anies di ujung telpon.

Saya jawab ringkas, “I think it is hard (saya pikir sulit), enggak akan ada efek elektoralnya kalau Sandi Cagub, Anies Cawagub. Di samping soal politiknya. But the decision is yours to make Your call (namun keputusan ada di tangan Anda).”

Anies jawab: “Agree (setuju). Bismillah tolong disampaikan Anies tidak bersedia.”
(Samsul Arifin)

One comment

  1. rapopo mas agus ikut ramein bursa pilkada DKI, yg penting siapapun yg kalah legowo

x

Check Also

JK Menilai Pidato "Pribumi" Anies Tak Diskriminatif

JK Menilai Pidato “Pribumi” Anies Tak Diskriminatif

Jakarta – Jika Presiden Jokowi enggan menanggapi perihal pidato Anies, berbeda dengan Wakil Presiden Jusuf ...