Home > Ragam Berita > Nasional > Ternyata Ini Asal Mulanya Nama Agus Harimurti Yudhoyono Muncul Jadi Cagub DKI

Ternyata Ini Asal Mulanya Nama Agus Harimurti Yudhoyono Muncul Jadi Cagub DKI

Jakarta – Kemunculan nama putra sulung mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, menjadi calon Gubernur DKI Jakarta dalam perundingan di Cikeas yang digagas oleh empat partai politik cukup membuat terkejut masyarakat.

Ternyata Ini Asal Mulanya Nama Agus Harimurti Yudhoyono Muncul Menjadi Cagub DKI

Kemunculan nama Agus yang diajukan oleh Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan ini langsung menimbulkan pro dan kontra, bahkan ada yang menyebutkan bahwa ini adalah ambisi politik dari keluarga Cikeas untuk mulai bangkit kembali.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo menjelaskan bagaimana mulanya hingga nama Agus Harimurti Yudhoyono kemudian yang muncul.

“Jadi ceritanya sebenarnya agak panjang. Empat hari lalu itu kan ada sedikit mungkin boleh dibilang pembicaraan di koalisi kekeluargaan yang pasca ditinggal PDIP kan tinggal enam partai. Zaman koalisinya masih tujuh sudah sepakat mendukung Mas Sandiaga Uno untuk DKI 1 atau DKI 2 kan Mas Sandi legowo mau DK1 atau DKI 2. Tiba-tiba empat hari lalu ada usulan PKS mengusulkan Sandiaga-Mardani. Nah ini kemudian membuat perubahan konstelasi,” kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy, Jumat (23/9/2016).

Karena dianggap genting, Ketua Umum dari empat partai anggota Koalisi Kekeluargaan yang tersisa kemudian mengambil alih. Dimulai dari Ketum PAN Zulkifli Hasan kemudian Ketum PPP Romahurmuziy, kemudian Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

“Mereka ingin ngobrol dengan Pak SBY di Cikeas,” katanya.

“Ternyata ada usulan dari tiga sahabat untuk sesuatu yang baru, segar, kekinian dan cocok untuk masyarakat DKI Jakarta. Muncul nama Mas Agus Harimurti Yudhoyono. Pak SBY kaget, kita juga kaget. Jadi saya saksi hidupnya, nama itu bukan dari keluarga Pak SBY,” tambah Roy Suryo.

“Kemudian oke kalau begitu begini kasih waktu untuk keluarga berembuk dulu. Jadi tiga hari lalu Mas Agus ditelepon. Mas Agus masih di Darwin Australia ditelepon. Kemudian diskusi internal keluarga ada Bu Ani, Mas Ibas, ada saya di situ. Kira-kira jawabannya tergantung Mas Agus kalau Mas Agus oke saya bawa syarat-syaratnya kalau tidak kita kembalikan ke pewacananya. Itu kenapa di Cikeas mundur karena menunggu dulu,” imbuh Roy.

“Agus Yudhoyono pun baru mendarat di Jakarta pukul 23.00 WIB Kamis (22/9) malam. Agus langsung ditanting (ditawarkan), ditanya,karena memang sudah oke semua syarat terpenuhi, baru pukul 01.00 WIB pagi (Jumat (23/9)) diumumkan mengusulkan. Cawagubnya belum, ada beberapa nama rata-rata birokrat. Setelah berbagai pertimbangan muncul Prof Sylviana Murni memang sudah ada tim shadow untuk bergerak menghubungi jadi begitu oke langsung dijemput dan datang. Singkat kata terpilih lah Agus Harimurti dan Sylviana Murni,” terang Roy.

“Kenapa Mas Agus dan Mbak Sylvi tidak kita munculkan jam 03.00 WIB pagi, karena masih menunggu pengunduran diri. Hari ini sudah clear. Kadispen TNI AD sudah menyampaikan Mas Agus proses pengunduran diri dan tidak dalam ikatan dinas. Termasuk Bu Sylvi juga sudah meminta izin Pak Basuki Tjahaja Purnama diizinkan tinggal administrasi saja. Insya Allah sore ini akan mendaftar ke KPUD,” pungkas mantan Menpora ini.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Try Soetrisno Menyebut Tak Ada Rekonsiliasi Untuk PKI

Try Soetrisno Menyebut Tak Ada Rekonsiliasi Untuk PKI

Jakarta – Try Sutrisno selaku Mantan Wakil Presiden RI akhirnya unjuk suara dengan mengatakan bahwa ...