Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Stop Kebiasaan Minum Alkohol

Tips Stop Kebiasaan Minum Alkohol

Jakarta – Berhenti mengonsumsi alkohol secara bertahap dan perlahan selama ini diyakini sebagai cara yang paling ampuh untuk menghentikan kebiasaan minum alkohol.

Tips Stop Kebiasaan Minum Alkohol

Apakah cara tersebut efektif? Ternyata jawabannya tidak. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, berhenti sekaligus justru lebih manjur.

Seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (24/9/2016), pada 2015 tercatat sebanyak 15,7 juta warga Amerika berusia 12 tahun ke atas menderita gangguan alkohol. Mereka yang memiliki gangguan tersebut bisanya sulit mengendalikan diri untuk terus minum meskipun tahu tak baik bagi kesehatan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada April, dalam jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research tersebut meneliti 201 pasien yang mengikuti program pengobatan alkohol. Mereka fokus untuk tidak minum.

Di akhir periode penelitian, selama 2,5 tahun, 90 persen dari pasien yang melakukan program tersebut berhasil berhenti minum alkohol sama sekali. Sementara, mereka yang ikut dalam program kontrol hanya 50 persen yang berhasil bebas dari asupan alkohol.

“Dengan kata lain, mereka yang pantang total lebih berhasil dibandingkan mereka yang mengontrol minum alkohol,” ujar Kristina Berglund, profesor psikologi di University of Gothenburg, Swedia.

Ia pun menjelaskan, ketika seseorang memutuskan untuk pantang minum, maka ia tak perlu pusing memikirkan berapa banyak takaran yang harus diminum, begitu juga dengan jenis alkohol yang diminum.

Menurut Berglund, mereka yang pantang akan lebih berhasil berhenti (minum alkohol), meskipun awalnya tak yakin cara tersebut bakal berhasil.

Fakta lain menunjukkan, jumlah pasien yang kambuh lebih sedikit pada program pantang minum. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

5 Fakta Unik Pria yang sedang Jatuh Cinta

5 Fakta Unik Pria yang sedang Jatuh Cinta

Jakarta – Terkait soal cinta, beberapa pria memang akan susah ditebak. Tidak sedikit para wanita ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis