Home > Ragam Berita > Nasional > Buntut dari Peraturan Lembaga Adat Daerah, Pasukan Kerajaan Gowa Bakar Kantor DPRD

Buntut dari Peraturan Lembaga Adat Daerah, Pasukan Kerajaan Gowa Bakar Kantor DPRD

Gowa – Unjuk rasa yang awalnya tertib berubah menjadi aksi perusakan dan pembakaran yang dilakukan oleh ratusan pasukan Kerajaan Gowa terhadap Kantor DPRD dan beberapa unit kendaraan yang terparkir di dalamnya.

Buntut dari Peraturan Lembaga Adat Daerah, Pasukan Kerajaan Gowa Bakar Kantor DPRD

Unjuk rasa awalnya digelar sekitar pukul 13.00 WITa, yang dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Kerajaan dengan dikawal oleh ratusan pasukan Kerajaan Gowa untuk memprotes keluarnya Peraturan Daerah (Perda) Lembaga Adat Daerah (LAD) yang mengatur bahwa Bupati menggantikan kedudukan Raja Gowa meski Bupati tak memiliki garis keturunan Raja Gowa.

Aksi unjuk rasa awalnya tertib hingga terjadi lemparan batu dari arah dalam kantor DPRD. Massa kemudian marah dan menyerang masuk ke Kantor DPRD. Setelah tidak menemukan pelaku pelemparan, massa kemudian melampiaskan kemarahannya dengan merusak dan membakar Kantor DPRD termasuk kendaraan yang terparkir di halaman serta beberapa minibus di sana.

Dua unit mobil pemadam kebakaran yang berniat memadamkan api juga turut menjadi sasaran kemarahan sehingga mereka terpaksa kembali.

Tidak lama kemudian ratusan aparat kepolisian dengan dibantu TNI berusaha menghalau massa dan mengawal empat mobil pemadam kebakaran yang didatangkan kembali.

Hingga kini keadaan di sekitar Kantor DPRD masih mencekam karena konsentrasi massa masih berkumpul di sana.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Sandiaga Uno Tegaskan Ada Beberapa Restoran yang Belum Bayar Pajak

Sandiaga Uno Tegaskan Ada Beberapa Restoran yang Belum Bayar Pajak

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, saat ini masih banyak restoran yang ...