Home > Ragam Berita > Nasional > BMKG Pasuruan Peringatkan Potensi Bencana

BMKG Pasuruan Peringatkan Potensi Bencana

Pasuruan – Bencana banjir dan longsor menghantui kawasan Pasuruan. Karena itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meminta seluruh aparatur siapa selama 24 jam. Hal tersebut dilakukan unuk mengantisipasi bencana. Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau bakal terjadi hujan hujan lebat dan petir. Hal tersebut bakal diikuti dengan banjir dan longsor.

BMKG Pasuruan Peringatkan Potensi Bencana

Sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan dipetakan rawan banjir dan lonsor. Kecamatan rawan banjir di antaranya Bangil, Gempol, Beji, Kraton, Rembang, Rejoso, Grati, Kejayan, Gondangwetan hingga Winongan. Sementara lokasi rawan longsor di Tosari, Puspo, Tutur, Prigen serta Purwodadi.

”Saya perintahkan BPBD dan instantasi terkait untuk bersiaga penuh 24 jam. Semua potensi bencana harus dideteksi sejak dini sehingga penanganannya lebih cepat,” kata Gus Irsyad.

elain itu, Gus Irsyad juga memerintahkan seluruh camat dan kepala desa agar terus bersiaga. ”Terutama kepala desa ini harus cepat memberi laporan,” tandasnya.

BMKG mengimbai warga di sejumlah daerah termasuk Jawa Timur, mewaspadai potensi hujan lebat yang akan terjadi mulai hari ini 26 September hingga 30 September nanti. Selain hujan lebat, warga juha diminta mewaspadai petir.

”Dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin,” tambahnya BMKG. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

HTI : "PPP Pendukung Penista Alquran"

HTI : “PPP Pendukung Penista Alquran”

Jakarta – Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang kini telah dibubarkan oleh pemerintah memastikan tidak akan ...