Home > Ragam Berita > Nasional > Kemenkominfo Terima Rekomendasi Izin Perpanjangan Penyiaran dari KPI

Kemenkominfo Terima Rekomendasi Izin Perpanjangan Penyiaran dari KPI

Jakarta – Belum lama ini, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melakukan evaluasi. Hal tersebut terkait dengan izin perpanjangan penyiaran (IPP). Berdasar informasi, ada 10 lembaga penyiaran swasta yang mendapat evaluasi.

Kemenkominfo Terima Rekomendasi Izin Perpanjangan Penyiaran dari KPI

“Tadi sudah dijelaskan bagaimana mekanismenya dari satu tahun yang lalu, ada proses mulai dari bagaimana masing-masing televisi menyampaikan data-data terbarunya, sanksinya dan bagaimana publik menilai secara keseluruhan,” kata Ketua KPI, Yuliandre Darwis di Gedung DPR, Jakarta, Senin (26/9/2016).

Dia menampik kepengurusan KPI yang dipimpinnya saat ini belum menyampaikan evaluasi izin perpanjangan penyiaran. Menurut Yuliandre, kendala tersebut karena ada transisi pengurus KPI lama ke baru yang membuat seolah ada data yang belum disampaikan KPI soal evaluasi izin perpanjangan penyiaran tersebut.

“Ini adalah sebuah proses transisi dari KPI bahwa KPI periode lalu sudah memberi rekomendasi kelayakan yang final dan mengikat, tetapi dalam RDP terakhir menyatakan, harus memberikan data iklan dari masing-masing TV, itulah yang kami berikan pada hari ini. Ternyata, bukan itu saja tapi rapor juga dievaluasi kembali,” ujar Yuliandre.

Yuliandre menambahkan, KPI sudah memberikan rekomendasi dan penilaian soal IPP ini ke Kemenkominfo sehingga keputusan perpanjangan izin menjadi kewenangan Kemenkominfo. KPI pun menyerahkan seutuhnya kepada Kemenkominfo.

Sementara itu, 10 stasiun TV yang saat ini harus memperpanjang izin penyiarannya, meliputi ANTV, TV One, Global TV, RCTI, SCTV, Metro TV, MNC TV, Trans TV, Trans 7, dan Indosiar. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Inginkan Jenderal Gatot Sebagai Cawapres Prabowo

Gerindra Inginkan Jenderal Gatot Sebagai Cawapres Prabowo

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akhir-akhir ini sering dibicarakan. Menurut informasi yang beredar, ...