Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : Tiongkok Khawatir dengan Rudal Bikinan India

Berita Internasional : Tiongkok Khawatir dengan Rudal Bikinan India

New Delhi – Setatus Rudal supersonik BrahMos dan lima peluncur rudal diletakkan di Negara Bagian Arunachal Pradesh. Kawasan tersebut memang dekat dengan perbatasan Tiongkok. Nah, hal tersebut pun membuat otoritas Beijing khawatir.

Berita Internasional : Tiongkok Khawatir dengan Rudal Bikinan India

Penyebaran persenjataan tersebut diduga dilakukan India setelah China setuju untuk mendukung sekutu lamanya, Pakistan. Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) langsung menyatakan pengerahan rudal tersebut sebagai ancaman dan dapat meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

”Rudal BrahMos dengan kemampuan terbaru sebagai senjata siluman dapat mengancam Provinsi Yunnan dan Daerah Otonomi Khusus Tibet, yang berada di seberang perbatasan dengan Arunachal Pradesh,” bunyi pernyataan PLA sebagaimana diberitakan Sputniknews pada Senin (26/9/2016).

Langkah India itu dinilai PLA terlalu berlebihan dalam mempertahankan diri. Negeri Bollywood disebut tengah memainkan trik serta harus siap menanggung akibatnya. China pantas ketar-ketir karena rudal BrahMos kini dapat mencapai jarak terbang 290 kilometer (km). Namun, kemampuannya untuk tidak terdeteksi radarlah yang menjadi kekhawatiran Negeri Tirai Bambu.

Rudal canggih itu dikembangkan oleh India dengan bantuan Rusia yang notabene adalah sekutu China. Rudal tersebut dapat terbang dengan kecepatan maksimum 3.400 km per jam. Namun, varian terbaru BrahMos dapat terbang hampir dua kali kecepatan cahaya. Varian terbaru tersebut baru diharapkan selesai pada lima-tujuh tahun ke depan dengan jarak yang lebih jauh.

Rudal BrahMos dapat meningkatkan kemampuan India dalam peperangan di wilayah pegunungan karena dirancang dapat menyerang target yang bersembunyi. Belum ada rencana balasan dari China mengenai aksi tetangganya itu. China dan India sejak lama terlibat sengketa wilayah di perbatasan, terutama mengenai posisi Tibet. (Tita Yanunanari – harianindo.com)

x

Check Also

Heboh, Video Menteri Ngamar Dengan 2 Wanita Bocor di Internet

Heboh, Video Menteri Ngamar Dengan 2 Wanita Bocor di Internet

New Delhi – Video skandal seks yang melibatkan Menteri Kesejahteraan Wanita dan Anak untuk wilayah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis