Home > Ragam Berita > Nasional > Tim SAR Pakai Drone dan Backhoe Apung untuk Cari Korban Banjir Garut

Tim SAR Pakai Drone dan Backhoe Apung untuk Cari Korban Banjir Garut

Garut – Beberapa waktu lalu, Garut diterjang banjir bandang. Banyak korban yang berjatuhan. Kini Tim SAR sedang melakukan pencarian korban banjir tersebut. Pencarian pun berfokus di Waduk Jatigede, Sumedang. Namun, evakuasi pun terhambat tumpukan sampah dan puing-puing bangunan.

Tim SAR Pakai Drone dan Backhoe Apung untuk Cari Korban Banjir Garut

Diduga korban banjir Garut terseret hingga ke Waduk Jatigede yang jaraknya mencapai puluhan kilometer dari Kabupaten Garut. Komandan Satgas Posko Penanggulangan Bencana, Letkol Arm Setyo Hani Susanto mengatakan untuk mengoptimalkan proses pencarian, pihaknya membutuhkan beberapa peralatan canggih seperti drone dan backhoe terapung.

“Sudah saya sampaikan kemarin kepada Kepala BNPB (Willem), akan diusahakan drone hari ini sudah ada dan backhoe terapung secepatnya,” kata Setyo di Makodim 0611, Jalan Veteran, Garut, Jabar, Selasa (27/9/2016).

Ia menjelaskan kebutuhan drone itu untuk menelusuri lebih dekat dan luas situasi sekitar titik pencarian. Dengan drone, kata dia, pekerjaan akan lebih efektif ketimbang secara manual dengan menyusuri waduk.

“Kemarin kami secara manual pakai perahu karet, itu ternyata sulit. Karena terhambat tumpukan sampah. Jadi nanti backhoe itu untuk menerobos tumpukan sampah dan mengevakuasi jenazah,” ucapnya.

“Akan kami optimalkan waktu ini untuk secepatnya menemukan para korban hilang dan menyelesaikan pekerjaan lainnya dampak dari musibah ini,” tambahnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Takut Dianggap Narsis Saat Ingin Unggah Foto di Medsos

Jokowi Takut Dianggap Narsis Saat Ingin Unggah Foto di Medsos

Jakarta – Keaktifan Presiden Joko Widodo bermedia sosial sebenarnya ingin menunjukkan bukti bahwa beliau ingin ...