Home > Ragam Berita > Nasional > LAPAN Imbau Warga Mengamankan Pecahan Roket yang Jatuh di Sumenep

LAPAN Imbau Warga Mengamankan Pecahan Roket yang Jatuh di Sumenep

Jakarta – Beberapa waktu lalu, sebuah benda asing jatuh di Sumenep. Nah, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengeluarkan imbauan. Warga Sumenep diminta untuk mengamankan benda tersebut. LAPAN pun bakal melakukan penyelidikan lebih lanjut. Berdasar informasi, benda tersebut adalah tabung bahan bakar roket Falcon 9.

LAPAN Imbau Warga Mengamankan Pecahan Roket yang Jatuh di Sumenep

“Diminta kepada warga untuk bisa mengamanakan benda tersebut untuk diselidiki lebih lanjut,” kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin saat berbincang pada Senin (26/9/2016).

Nantinya LAPAN akan berkerjasama untuk meneliti apakah benda tersebut terdapat kandungan radioaktif atau tidak. Thomas berharap tidak ada kandungan radioaktif di dalam tabung bahan bakar roket Falcon 9 yang jatuh di pemukiman warga.

“Nanti akan diteliti ada radioaktif atau tidak. Tampaknya tidak ada (radioaktif), mudah-mudahan betul,” ujar Thomas.

Sebelumnya, sebuah benda berupa tabung silinder sepanjang 1,5 meter dan diameter 60 centimeter jatuh di Kecamatan Gili Raja dan Giligenting, Sumenep, Jawa Timur. Beberapa benda jatuh dari langit sekitar pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, LAPAN sendiri mengatakan tabung tersebut adalah tabung bahan bakar dari roket Falcon 9 milik Amerika Serikat. Roket tersebut diperkirakan melintasi langit Madura sekitar pukul 09.21 WIB pada ketinggian 129 KM.

Roket Falcon 9 diluncurkan pada 14 Agustus 2016 lalu dari stasiun angkatan udara Cape Canaveral di negara bagian Florida, Amerika Serikat. Roket tersebut membawa satelit komunikasi JCSAT 16 milik perusahaan SKY Perfect JSAT Group. Rencananya roket tersebut akan membawa satelit hingga orbit transfer 34 ribu kilometer. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri Akan Lakukan Penyelidikan Terkait Beredarnya Foto Bendera Merah Putih Bertuliskan Arab

Kapolri Akan Lakukan Penyelidikan Terkait Beredarnya Foto Bendera Merah Putih Bertuliskan Arab

Jakarta – Pada aksi demo yang dilakukan oleh Front Pembela Islam (FPI) di depan Markas ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis