Home > Ragam Berita > Nasional > Ratusan Personil Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Penertiban Bukit Duri

Ratusan Personil Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Penertiban Bukit Duri

Jakarta – Sebanyak kurang lebih 900 personil gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya penertiban kawasan Kampung Bukit Duri, Jakarta Selatan, yang terletak di bantaran Kali Ciliwung pada hari ini, Rabu (28/9/2016)
“Total ada 900 personel gabungan kami siagakan untuk mengamankan penertiban itu (Bukit Duri),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, Rabu.

Ratusan Personil Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Penertiban Bukit Duri

Ratusan Personil Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Penertiban Bukit Duri

Menurut Awi, 900 personil aparat itu terdiri dari 500 personel Polri, 300 personel Satpol PP dan 100 personel dari intansi lainnya. Mereka disiagakan untuk mengantisipasi penolakan warga yang rumahnya akan dibongkar.

“Kami hanya mengamankan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” kata dia.

Menurut catatan, sebanyak 313 keluarga di Bukit Duri sudah pindah ke Rusun Rawa Bebek yang telah disediakan oleh Pemprov DKI untuk warga Bukit Duri yang rumahnya ditertibkan. Sebanyak 70 warga belum menempati unit. Sedangkan warga yang menolak relokasi ada sebanyak 66 keluarga.

Salah satu perwakilan warga yang menolak relokasi, Sandyawan Sumardi mengatakan bahwa meskipun mereka menolak untuk pindah namun mereka tidak akan memberian perlawanan secara fisik. Mereka akan pindah ke rumah yang telah disewa sebelumnya untuk penampungan.

“Kami besok akan menghadapi penggusuran dengan aksi damai tanpa kekerasan, demi kemanusiaan yang adil dan beradab,” kata Sandyawan Selasa (27/9/2016) kemarin.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

JK Menilai Pidato "Pribumi" Anies Tak Diskriminatif

JK Menilai Pidato “Pribumi” Anies Tak Diskriminatif

Jakarta – Jika Presiden Jokowi enggan menanggapi perihal pidato Anies, berbeda dengan Wakil Presiden Jusuf ...