Home > Ragam Berita > Internasional > Shimon Peres Meninggal, Obama Sebut Peres Tak Pernah Menyerah Usahakan Perdamaian

Shimon Peres Meninggal, Obama Sebut Peres Tak Pernah Menyerah Usahakan Perdamaian

Washington – Shimon Peres, mantan Presiden Israel meninggal dunia pada usianya yang ke-93 tahun. Dalam ucapan belasungkawanya, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan bahwa Simon Peres adalah salah satu pemimpin yang tidak pernah menyerah mengusahakan terjadinya perdamaian.

Shimon Peres Meninggal, Obama Sebut Peres Tak Pernah Menyerah Usahakan Perdamaian

“Mungkin karena dia telah melihat Israel mengatasi rintangan yang luar biasa, Shimon tak pernah menyerah akan kemungkinan perdamaian antara Israel, Palestina dan tetangga-tetangga Israel — bahkan tidak pula setelah malam menyedihkan di Tel Aviv yang merenggut Yitzhak Rabin,” tutur Obama di Gedung Putih seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (29/9/2016).

“Ada sedikit orang di dunia ini yang mengubah arah sejarah kemanusiaan, bukan cuma lewat peran mereka dalam peristiwa-peristiwa kemanusiaan, namun karena mereka memperluas imajinasi moral kita dan memaksa kita untuk berharap lebih banyak dari diri kita,” ujar Obama.

“Teman saya Shimon termasuk dari orang-orang tersebut,” imbuhnya.

Ucapan belasungkawa juga datang dari mantan Presiden Amerika Serikat AS Bill Clinton yang mengatakan bahwa Peres adalah seorang jenius berhati besar, dan “Timur Tengah telah kehilangan seorang advokat tangguh untuk perdamaian dan rekonsiliasi dan untuk masa depan di mana semua anak-anak Abraham membangun hari esok yang lebih baik.”

“Saya tak akan pernah lupa bagaimana bahagianya dia 23 tahun lalu ketika dia menandatangani Perjanjian Oslo di halaman berumput Gedung Putih, yang menandai era lebih penuh harapan dalam hubungan Israel-Palestina,” kata Clinton mengenai penandatanganan Perjanjian Oslo.

Shimon Peres pernah meraih hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1994 bersama-sama dengan Perdana Menteri Israel saat itu, Yitzhak Rabin (yang dibunuh pada tahun 1995), dan pemimpin Palestina Yasser Arafat atas peran mereka dalam perundingan Perjanjian Oslo.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Tokyo – Maraknya kendaraan berbasis online ternyata tidak dibiarkan begitu saja di negara-negara tertentu. Seperti ...