Home > Ragam Berita > Internasional > Bernarkah Sudan Pakai Senjata Kimia di Darfur ?

Bernarkah Sudan Pakai Senjata Kimia di Darfur ?

Darfur – Pemerintah Sudan dicurigai menggunakan senjata kimia. Berdasar informasi, senjata tersebut digunakan untuk memerangi warga Darfur. Karena itu, PBB segera menanggapi masalah tersebut. Mereka menegaskan menyebut hal tersebut adalah salah satu konflik kemanusiaan yang terburuk di dunia.

Bernarkah Sudan Pakai Senjata Kimia di Darfur ?

Sebagaimana diberitakan CNN pada Kamis (29/9/2016), Amnesti Internasional juga menyebut serangan tersebut telah menargetkan kelompok sipil dan dapat dikategorikan kepada kejahatan perang. Kendati demikian, Pemerintah Sudan menyangkal tuduhan tersebut dan menyebut berita penggunaan senjata kimia hanya sebuah rumor.

Sejumlah saksi yang menjadi korban mengatakan serangan tersebut telah memunculkan asap berwarna biru dan menimbulkan bau seperti telur busuk. Setelah terkena paparan asap, sejumlah orang mengatakan kulit mereka menjadi putih dan berbau busuk atau mengeras.

”Ketika bom meledak, saya menghirup udara beracun yang masih saya cium hingga saat ini,” ujar salah satu saksi. Bahkan, sejumlah anak sempat mengalami muntah darah. “Anak saya masih bisa berjalan sebelum adanya penyerangan. Saat ini, ia hanya menangis,” tambah orang tua korban.

Sejumlah gambar yang diambil oleh Amnesti Internasional menunjukkan foto anak-anak terinfeksi, kulit mengelupas, dan mengalami luka.

Tuduhan adanya penggunaan senjata kimia muncul saat terjadi penyerangan tentara Sudan dan sekutunya melawan kelompok oposisi bersenjata Sudan Liberation Army-Abdul Wahid (SLA-AW). Mereka selama ini beroperasi di kawasan Jebel Marra. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Tokyo – Maraknya kendaraan berbasis online ternyata tidak dibiarkan begitu saja di negara-negara tertentu. Seperti ...