Home > Teknologi > Sains > Inilah Gunung Berapi Tertinggi di Tata Surya

Inilah Gunung Berapi Tertinggi di Tata Surya

Jakarta – Gunung berapi memang kini masih menjadi perbincangan yang sangat menarik. Kini pembahasan pun bergulir ke gunung berapi tertinggi di tata surya. Nah, tahukah Anda di mana gunung tersebut?

Inilah Gunung Berapi Tertinggi di Tata Surya

Sebagaimana diberitakan Universe Today pada Kamis (29/9/2016), gunung berapi tertinggi yang ada di tata surya kita ternyata bukanlah berada di Bumi. Gunung bernama Olympus Mons yang ada di Mars merupakan gunung berapi yang dimaksud. Olympus Mons memiliki ketinggian 27 km dan diameter 550 km.

Menurut beberapa ilmuwan, alasan di balik ukurannya yang besar, disebabkan tidak terdapatnya lempengan tektonik di planet Mars . Olympus Mons hanya sebuah gunung tunggal yang dapat semakin membesar karena tidak ada sumber tekanan lain selama miliaran tahun. Berbeda dengan yang terjadi di Bumi, keberadaan beberapa gunung berapi disebabkan adanya lempengan tektonik yang tersebar.

Fakta lain seputar gunung berapi adalah letak gunung berapi terbesar di Bumi yang bersampingan. Seperti yang diketahui, Hawaii memiliki gunung berapi terbesar Mauna Loa dengan ketinggian 4.169 meter. Sedangkan di sampingnya, yakni gunung Mauna Kea, merupakan gunung berapi terbesar setelahnya dengan ketinggian 4.207 meter.

Keduanya berlokasi secara berdampingan dan terbentuk dari dasar lautan yang dalam. Jika Mauna Kea diukur dari kedalaman lautan hingga ujung puncaknya, ia diperkirakan memiliki ketinggian sekira 10.203 meter. Oleh karena itu, Mauna Kea dianggap sebagai salah satu gunung tertinggi dan terbesar di Bumi jika dibandingkan dengan Mount Everest. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Penjelasan Ilmiah Mengapa Pria Suka Pada Payudara Wanita

Penjelasan Ilmiah Mengapa Pria Suka Pada Payudara Wanita

Jakarta – Payudara wanita telah menjadi bagian yang pasti dilirik setiap pria. Hal ini sangatlah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis