Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Meningkatkan Produktivitas Bekerja

Tips Meningkatkan Produktivitas Bekerja

Jakarta – Cobalah untuk mengingat-ingat saat terakhir Anda Anda mengambil cuti untuk berlibur? Kalau waktunya terpaut jauh dari terakhir liburan bisa jadi Anda terlampau disibukkan dengan pekerjaan. Padahal, jatah cuti bisa Anda manfaatkan sebagai ‘obat’ penawar mengatasi kepenatan rutinitas kerja.

Tips Meningkatkan Produktivitas Bekerja

Demi memperoleh produktivitas dalam pekerja, ada baiknya jika setiap selesai liburan Anda mulai memerbaiki dan mengevaluasi pengaturan jadwal dan perencanaan kegiatan di setiap pergantian bulan.

Berikut empat cara untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja seperti dilansir dari liputan6.com, Kamis (29/9/2016):

1. Mencatat dan menulis

Salah satu cara yang sudah mulai ditinggalkan adalah menulis di kertas. Biasanya Anda selalu mencatat hanya di gadget bukan? Tahukah Anda jika menulis itu memiliki manfaat untuk otak Anda?

Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dirilis jurnal Psychological Science dan telah dibuktikan oleh dua psikolog dari Princeton dan Universitas California, Los Angeles, Pam Mueller dan Daniel Oppenheimer, bahwa menulis di kertas memiliki manfaat yang besar jika dibandingkan dengan mengetik.

Manfaatnya antara lain memperkuat daya ingat otak, meningkatkan kemampuan otak untuk fokus, sekaligus sebagai olahraga bagi otak agar tetap tajam hingga tua.

2. Membuat to-do list

Dengan membuat to-do list di buku catatan yang bertujuan menentukan prioritas pekerjaan. Hal ini membuat Anda bekerja lebih efektif. Namun, dalam membuat to-do list sebaiknya selipkan kalimat yang bisa menggugah Anda untuk segera mengerjakan daftar tugas yang telah dibuat.

3. Catat tugas yang menjadi prioritas dalam pekerjaan Anda

Sebagai profesional, dalam satu hari akan ada begitu banyak tugas yang harus Anda kerjakan. Tapi ingat! hanya masukkan tugas yang menjadi prioritas dalam pekerjaan Anda.

Catat tugas berdasarkan prioritas dan deadline dalam satu periode. Jangan paksa memasukkan semua tugas karena bukan tak mungkin Anda akan menilai diri tak mampu atau malas hanya karena ada satu tugas yang tak terselesaikan.

4. Stimulasi ide atau solusi dengan menuliskan “What If …”

Permasalahan bisa saja datang ketika Anda sedang mengerjakan sebuah tugas. Atasi permasalahan yang muncul dengan metode “What If …” pada lembar catatan Anda.

Merujuk dari buku Nurturing Business Innovation yang disusun pebisnis Douglas Miller, kegiatan ini bisa menstimulasi kreativitas dan bikin otak terlatih menjaring ide untuk jadi solusi atas berbagai tugas Anda.

Salah satu contohnya, katakanlah Anda harus mengerjakan materi presentasi yang biasanya memakan waktu sampai satu jam. Anda bisa coba menuliskan “What if, saya membuat template yang bisa saya gunakan untuk beberapa keperluan presentasi, agar selanjutnya saya bisa mengerjakannya lebih cepat dari biasa.”

Lalu, tugas membuat template itu bisa ditambahkan ke daftar to-do list untuk mempermudah pekerjaan terkait selanjutnya, hingga waktu lebihnya bisa digunakan untuk pekerjaan lain.

Dengan begitu, potensi pemetaan pekerjaan atau permasalahan terus terbuka, dan Anda bisa lebih mudah menjaring ide dan kemungkinan baru sebagai solusi nyata atas persoalan yang dihadapi agar lebih produktif dan kreatif.

Hal-hal di atas bisa dengan mudah Anda lakukan hanya dengan membuat catatan pada notebook Anda. Alangkah bijaknya jika Anda menggunakan notebook yang memiliki teknologi canggih dan modern seperti Collins Notebook.

Bukan sekedar buku catatan biasa, notebook ini memberi pengalaman menulis di atas kertas yang eksklusif. Notebook ini juga dilengkapi fitur Smart Touch Technology yang dapat menghubungkan notebook dengan gadget seperti smartphone dan tablet melalui chip NFC (Near Field Communication).

Fitur ini akan memudahkan Anda mengelola urusan pekerjaan Anda sebagai profesional. Atur semua tugas harian Anda dengan memindai notebook berupa tulisan tangan, ilustrasi ide maupun sketsa. Kemudian kirimkan data tersebut ke berbagai perangkat elektronik dan cetak menjadi hard copy untuk disimpan maupun dibagikan ke tim.

Kombinasi teknologi tradisional dan modern dalam Collins Notebook menghadirkan pengalaman baru dalam menciptakan ide dan keleluasaan mengelola tugas-tugas Anda lebih baik. Anda pun siap untuk meningkatkan produktivitas di tahun ini. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Warna Alis Tahan Lama ? Ikuti Beberapa Tip Ini

Ingin Warna Alis Tahan Lama ? Ikuti Beberapa Tip Ini

Jakarta – Gambar alis yang tidak lagi terlihat sempurna di siang hari bikin gondok nggak ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis