Home > Gaya Hidup > Tips > 7 Bahan Makanan yang Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

7 Bahan Makanan yang Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Jakarta – Kerontokan rambut dapat disebabkan karena kekurangan vitamin, stres, gangguan autoimun, diabetes hingga kurang tidur. Rambut rontok jika dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan kebotakan. Tentu hal tersebut sangat dihindari kaum wanita.

7 Bahan Makanan yang Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (1/10/2016), ada beberapa makanan yang dipercaya bisa mengatasi rambut rontok berdasarkan sebuah penelitian baru. Berikut 7 makanan yang ampuh mengatasi rambut rontok:

1. Kacang dan biji-bijian
Berdasarkan penelitian Journal of Cosmetic Dermatology, asam lemak omega 3 yang terdapat di kacang-kacangan dan biji-bijian bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Cobalah makan kacang-kacangan dan biji-bijian tinggi omega 3 dan omega 6 seperti kenari, biji rami, dan minyak dari biji anggur, bunga matahari atau wijen.

2. Bayam
Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengalami kerontokan rambut memiliki zat besi dan kadar vitamin D2 yang sangat rendah. Zat besi dalam bayam mampu mengatasi kerontokan rambut. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi.

3. Ikan salmon
Rambut adalah serat protein, sama seperti kuku. Itu berarti Anda perlu mengonsumsi banyak protein untuk menumbuhkan jaringan rambut baru dan tetap mempertahankan yang kuat. Protein juga bisa membantu memproduksi keratin, struktur komponen terpenting dari rambut. Ikan salmon telah terbukti memiliki banyak manfaat karena mengandung asam lemak omega 3 tinggi dan vitamin.

4. Madu
Madu dapat memperbaiki rambut yang mulai menipis. Dalam sebuah penelitian mengamati pasien yang mengalami dermatitis seboroik, yang meliputi gatal, ketombe dan rambut rontok. Pasien yang memakai madu sebanyak 90 persen dan air sebanyak 10 persen ke kulit kepala setiap hari dilaporkan mengalami peningkatan dalam mengatasi rambut rontok.

5. Rumput laut
Penelitian terbaru menemukan bahwa suplemen yang mengandung cistanche tubulosa dan laminaria japonica (rumput laut cokelat) bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut kembali rambut rontok. Rumput laut juga bisa digunakan untuk menambah volume rambut dan menebalkan rambut. Suplemen rumput laut juga efektif mengobati peradangan kulit kepala dan ketombe.

6. Tiram
Seng merupakan nutrisi terbaik untuk mencegah dan mengobati kerontokan rambut. Mengonsumsi makanan yang mengandung seng dapat memperlambat kerontokan rambut. Menurut National Institutes of Health, tiram mengandung lebih banyak seng dibanding makanan lain. Selain tiram, sumber makanan yang juga mengandung seng seperti kenari, bayam, telur, biji bunga matahari, kacang hijau, gandum, oatmeal dan buncis.

7. Minyak kelapa dan rosemary
Saat menggunakan minyak kelapa sebelum keramas ataupun setelah keramas, minyak kelapa terbukti dapat melindungi rambut yang kehilangan protein. Sedangkan minyak rosemary bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi gatal di kulit kepala. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

x

Check Also

3 Tips Lebih Mencintai Kehidupan Selagi Anda Single

3 Tips Lebih Mencintai Kehidupan Selagi Anda Single

Jakarta – Setiap insan akan bertemu dengan belahan jiwa pada waktunya. Apakah Anda mempercayai hal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis