Home > Ragam Berita > Nasional > TNI Seharusnya Bela Negara, Bukan Terlibat Penggusuran

TNI Seharusnya Bela Negara, Bukan Terlibat Penggusuran

Jakarta – Beberapa waktu ini, penggusuran kerap terjadi di Jakarta. Nah, situasi tersebut, Tentara Nasional Indonesia (TNI) pun turut terlibat. Hal tersebut pun dinilai sangat berlebihan. Seharusnya, TNI membela negara saat terancam, bukan terlibat penggusuran.

TNI Seharusnya Bela Negara, Bukan Terlibat Penggusuran

“Tugas tentara dalam operasi militer selain perang hanya dilakukan tatkala ada ancaman negara tingkat tinggi,” kata Direktur Imparsial Al Araf dalam diskusi publik bertajuk ‘Problematika Operasi Militer Selain Perang’ di Gedung YLBHI, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2016).

Apalagi, dalam penggusuran tidak ada ancaman serius, sehingga keterlibatan TNI dalam upaya penggusuran yang dilakukan oleh Pemprov DKI terlalu berlebihan.

Al Araf kembali menegaskan bahwa keterlibatan TNI tidak sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsinya. “Harusnya TNI fokus pada sistem pertahanan negara, lagi pula TNI kan komando instruksinya dari presiden. Kalau penggusuran butuh tentara harus minta keputusan presiden, itu pun harus dapat persetujuan DPR,” katanya.

Jika ‎terus dibiarkan, maka profesionalitas dan fungsi TNI akan mulai diragukan. “Seharusnya cukup Satpol PP jika urusannya penggusuran,” tuturnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gathot Harsono Ditetapkan Bareskrim sebagai Tersangka Korupsi

Gathot Harsono Ditetapkan Bareskrim sebagai Tersangka Korupsi

Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri menetapkan President (SVP) Asset Management PT Pertamina, ...