Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Internasional : Lakukan Reformasi, Iran Dapat Dukungan dari Jerman

Berita Internasional : Lakukan Reformasi, Iran Dapat Dukungan dari Jerman

Berlin – Iran dikabarkan bakal melakukan reformasi. Karena itu, Jerman siap mendukung aksi tersebut. Hal tersebut diungkapkan Menteri Perekonomian Jerman Sigmar Gabriel. Alasannya, Berlin optimistis Teheran bisa dijadikan rekan yang dapat diandalkan.

Berita Internasional : Lakukan Reformasi, Iran Dapat Dukungan dari Jerman

“Tujuan kami adalah untuk mendukung pemerintah saat ini dengan jalan membuka diri terhadap dunia,” kata Gabriel saat melakukan kunjungan ke Teheran sebagaimana diberitakan Reuters pada Senin (3/10/2016).

“Saya juga akan membahas topik-topik lain, seperti peran Iran dalam perang di Suriah, Israel dan masalah negara hukum dengan kepemimpinan Iran,” sambungnya.

Terkait dengan Israel, Gabriel sebelum ini telah meminta Iran untuk mengakui dan berdamai dengan Negeri Zionis itu. Merespons hal tersebut, Teheran menegaskan mereka tidak akan pernah berdamai dan mengakui Israel. Ini sudah menjadi bagian dari kebijakan luar negeri Iran.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi menegaskan, Iran tidak akan sudi berdamai dan mengakui Israel. Dia juga menegaskan, Negeri Para Mullah tidak akan menerima syarat semacam ini untuk perbaikan hubungan antara Iran dan Jerman.

“Hubungan antara Iran dan Jerman didasarkan pada saling menghormati dan kepentingan, dan tidak ada prakondisi akan diterima dalam hal ini. Iran menganggap membela hak-hak rakyat Palestina sebagai prinsip kebijakan luar negeri dan tidak pernah dan dalam kondisi apapun akan meninggalkan Palestina. Iran tidak mengizinkan negara manapun untuk mencampuri urusan dalam negeri,” ucap Qasemi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hari Pertama, Pos Pengaduan Yang Dibuat Anies-Sandi Sepi Warga

Hari Pertama, Pos Pengaduan Yang Dibuat Anies-Sandi Sepi Warga

Jakarta – Pasca dilantiknya Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...