Home > Ragam Berita > Internasional > Konflik Timur Tengah Memanas, 26 WNI di Suriah Dipulangkan

Konflik Timur Tengah Memanas, 26 WNI di Suriah Dipulangkan

Damaskus – Timur Tengah hingga kini masih diselimuti konflik yang kian memanas. Sebagaimana diketahui, beberapa pihak kerap melanggar perdamaian yang telah dibuat. Akibatnya, kini banyak warga yang terperangkap dalam tersebut. Termasuk warga negara Indonesia (WNI).

Konflik Timur Tengah Memanas, 26 WNI di Suriah Dipulangkan

Mengawali tahun baru Hijriah pada Senin 3 Oktober, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Damaskus lantas kembali melakukan repatriasi atau pemulangan WNI dan atau para tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Suriah sebanyak 26 orang. Pemulangan ini merupakan yang ke-280 kalinya difasilitasi KBRI Damaskus sejak empat tahun terakhir.

Diterbangkan langsung dari Bandara Internasional Damaskus, puluhan WNI tersebut akan didaratkan di daerah asalnya masing-masing. Sebagian besar mereka berasal dari Jawa Barat, sementara sisanya datang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

”Mereka berhasil dipulangkan setelah permasalahan dan hak-haknya (upah/gaji) diselesaikan. Repatriasi gelombang ke-280 kali ini didampingi oleh staf KBRI Damaskus, Abdul Kholiq,” sebagaimana keterangan resmi KBRI Damaskus pada Selasa (4/10/2016).

Kelompok teroris ISIS meletus di Irak dan Suriah pada 2012. Sejak saat itu kedua negara di Timur Tengah tersebut tak ubahnya medan perang. Kondisi di Suriah khususnya diperparah dengan adanya persaingan bersenjata antara pasukan rezim Presiden Bashar al Assad dan kelompok pemberontak.

Di balik kedua pihak yang berseteru itu, ada Rusia dan Amerika Serikat serta sejumlah negara koalisi lain yang terlibat. Terutama setahun terakhir, serangan udara begitu gencar diserbukan ke atas negara tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...