Home > Teknologi > Sains > Wow, Misteri Sisi Gelap Galaksi NGC 247 Akhirnya Terkuak

Wow, Misteri Sisi Gelap Galaksi NGC 247 Akhirnya Terkuak

California – NGC 247 adalah galaxi yang berbentuk spiral. NASA/ESA Hubble Space Telescope pun belum lama ini mendapatkan gambar cakram terang di tersebut. Berdasar informasi, galaksi spiral tersebut berukuran relatif kecil di konstelasi selatan Cetus (The Whale).

Wow, Misteri Sisi Gelap Galaksi NGC 247 Akhirnya Terkuak

Galaksi tersebut berada pada jarak sekitar 11 juta tahun cahaya dari manusia. Itu merupakan bagian dari Sculptor Group, sebuah kumpulan galaksi berisi NGC 253 atau dikenal sebagai Sculptor Galaxy.

Galaksi ini diperkirakan memiliki diameter sekira 40.000 tahun cahaya yang diambil menggunakan Advanced Camera Survey pada Teleskop Antariksa Hubble.

Sebagaimana diberitakan Astronomynow pada Selasa (4/10/2016), di sini inti NGC 247 terlihat sebagai cahaya terang dikelilingi oleh bintang, gas dan debu. Bentuk debu dengan bercak-bercak hitam dan filamen dengan latar belakang bintang.

Sementara itu, gas telah dibentuk menjadi knot terang dikenal sebagai daerah H II, yang sebagian besar tersebar di seluruh lengan galaksi dan daerah luar galaksi.

Galaksi ini menampilkan satu fitur yang sangat tidak biasa dan misterius tidak terlihat pada gambar di atas. Namun, dapat dilihat dengan jelas dalam pandangan yang lebih luas dari galaksi, seperti gambar dari teleskop MPG ESO/ESO 2,2 meter. (Tita Yanuanari – harianindo.com)

x

Check Also

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Jakarta – Berbagai perjalanan ruang angkasa telah dilakukan manusia. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan penelitian. ...