Home > Ragam Berita > Nasional > Dr Farhat Surya SpKK Berikan Analisa Kemungkinan Gatal Pada Tangan Jessica

Dr Farhat Surya SpKK Berikan Analisa Kemungkinan Gatal Pada Tangan Jessica

Jakarta – Sidang kasus kematian Wayan Mirna dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso masih terus bergulir. Beberapa dakwaan dalam sidang tersebut ternyata dicermati oleh Dr Farhat Surya Ningrat SpKK.

Dr Farhat Surya SpKK Berikan Analisa Kemungkinan Gatal Pada Tangan Jessica

Dalam sebuah tulisan di akun Facebook miliknya, Dokter kepala staf medis di salah satu rumah sakit di Jawa Timur ini beberkan kemungkinan gatal pada tangan Jessica.

Alumni SMA Negeri 2 Surabaya ini menjelaskan bahwa ada 5 jenis gatal, dan jika melihat fakta persidangan Jessica, Dr Farhat Surya mengungkap bahwa kemungkinan gatal pada tangan Jessica disebabkan oleh gatal lokal atau gatal karena paparan bahan-bahan iritan.

Berikut adalah tulisan Dr Farhat Surya Ningrat SpKK di akun FB pribadinya, Rabu (05/10/2016)

Mengamati sidang Jessica …

Ternyata gejala “gatal” masuk dalam salah satu gejala yg mendukung “scientific evidence” dalam dakwaan jaksa.

Gatal atau disebut juga pruritus atau itch adalah sensasi rasa tidak nyaman pada kulit yg menimbukan rasa ingin menggaruk dan dengan garukan akan mengurangi gejalanya.

Ada 5 tipe penyebab gatal

1. Gatal lokal

Gatal lokal pada tempat2 tertentu biasanya disebabkan oleh adanya peradangan kulit lokal yang biasa disebut dengan dermatitis ditandai dengan tanda2 peradangan pada kulit seperti kemerahan, bersisik, luka. Pruritus lokal juga desebabkan oleh kelainan hipersentitif saraf kulit. Gatal pada tangan paling sering disebabkan oleh dermatitis.

2. Gatal karena penyakit sistemik

Gatal karena gangguan sistemik bisa disebkan oleh karena gangguan2 organ dalam misalnya diabetes mellitus, penyakit liver kronis, penyakit ginjal kronis dll. Gatal pada kondisi ini bersifat generalisata.

3. Gatal pada penyakit kulit

Gatal pada jenis ini disebabkan oleh penyakit2 kulit seperti pada penyakit kulit karena jamur, parasit (scabies atau gudig), atau penyakit2 kulit lainnya

4. Gatal karena paparan

Gatal yg terjadi akibat paparan benda2 asing bisa bersifat iritan ataupun alergen. Sifat pada gatal jenis ini sesuai pada kondisi paparan dan sifat bahan yg terpapar. Bahan2 dengan potensi lemah biasanya hanya bersifat gatal tp jika potensi kuat akan menyebankan dermatitis

5. Gatal karena gangguan hormonal

Gatal jenis ini terjadi biasanya pada kondisi menopause atau kelainan hormon lainnya.

Dengan keterangan tersebut. Gatal pada Jessica dapat disebabkan oleh banyak faktor. Melihat pola dan kejadian serta fakta2 persidangan kemungkinan gatal disebakan oleh gatal lokal atau gatal karena paparan bahan2 iritan. Anamnesa dan Pemeriksaan fisik yg tepat serta pemeriksaan penunjang dapat membantu menegakkan diagnosis yg tepat penyebab gatal pada kasus tersebut.

Semoga bermanfaat
Wassalam

(Hendy – harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Kritik Cara Pemerintah Bubarkan Ormas

Fadli Zon Kritik Cara Pemerintah Bubarkan Ormas

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengeritik pencabutan status badan hukum Hizbut Tahrir ...