Home > Ragam Berita > Ekonomi > Bank Dunia : “Tax Amnesty Menjadi Dasar Bagi Perekonomian Kedepan”

Bank Dunia : “Tax Amnesty Menjadi Dasar Bagi Perekonomian Kedepan”

Jakarta – Pelaksanaan program kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) d9 Indonesia dianggap telah mencetak sejarah baru. Pasalnya, kebijakan ini dinilai berhasil jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang menerapkan kebijakan serupa.

Bank Dunia : "Tax Amnesty Menjadi Dasar Bagi Perekonomian Kedepan"

Kesuksesan di periode pertama tarif tebusan terendah program tersebut pun semakin mengundang perhatian di mata dunia. Salah satunya, dari lembaga keuangan internasional, Bank Dunia.

“Saya tidak mengerti kenapa begitu banyak orang tertarik dengan tax amnesty. Kami melihat topik ini begitu panas,” ungkap ekonom Senior Bank Dunia untuk Indonesia, Hans Ananda Beck, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Beck berpendapat, meskipun pada bulan pertama periode tarif tebusan terendah dana tax amnesty masih minim, namun secara mengejutkan di akhir periode akhir periode pertama dana-dana tax amnesty mampu bergeliat.

Meski demikian, Beck pun mengingatkan pemerintah Indonesia, agar tetap memperhatikan risiko-risiko dari program tersebut. Salah satunya, yakni risiko adanya ‘hot money’, setelah berakhirnya program tax amnesty pada Maret 2017 mendatang.

“Kita harus berhati-hari terhadap kenaikan capital infow (arus modal masuk),” katanya.

Beck mengklaim tidak membanding-bandingkan penerapan tax amnesty di Indonesia, maupun dengan negara lain, karena pola kebijakan yang diterapkan sudah pasti berbeda-beda. Namun secara garis besar, tax amnesty memiliki dampak positif.

“Sulit membandingkan tax amnesty Indonesia dengan negara lain. Tapi, program ini dapat menjadi dasar yang cukup bagi perekonomian ke depan,” katanya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Data : Ada Puluhan Ribu Hektar Kawasan Kumuh di Indonesia

Data : Ada Puluhan Ribu Hektar Kawasan Kumuh di Indonesia

Jakarta – Pemerintah berencana mengusung program 100-0-100 pada Konferensi Habitat III di Quito, Ekuador akhir ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis