Home > Ragam Berita > Nasional > Jaksa Tidak Ragu Tuntut Jessica Hukuman 20 Tahun Penjara

Jaksa Tidak Ragu Tuntut Jessica Hukuman 20 Tahun Penjara

Jakarta – Sidang kasus kematian Mirna karena kopi sianida hingga kini masih bergulir. Kini kejati telah menuntut Jessica Kumala Wongso, selaku terdakwa, dengan hukuman 20 tahun penjara. Tuntutan tersebut diambil setelah menyusun beberapa fakta dalam sidang.

Jaksa Tidak Ragu Tuntut Jessica Hukuman 20 Tahun Penjara

“Jaksa tidak ragu dalam menuntut,” ujar Kepala Seksi Penerangan (Kasi Penkum) Kejati DKI Jakarta Waluyo pada Kamis (6/10/2016).

Waluyo menjelaskan, keputusan menetapkan tuntutan 20 tahun sudah sesuai dengan pasal tentang pembunuhan berencana yang disangkakan terhadap Jessica. Pada Pasal 340 KUHP diatur ancaman hukuman pidana alternatif terkait pembunuhan berencana.

“Di dalam Pasal 340 KUHP itu hukumannya alternatif yaitu mati, seumur hidup dan 20 tahun penjara,” kata Waluyo.

Jessica diyakini membunuh Mirna dengan memasukkan racun sianida ke dalam gelas es kopi Vietnam yang sudah disajikan sebelum Mirna datang ke Kafe Olivier, Grand Indonesia pada 6 Januari 2016.

Dalam tuntutannya, Jaksa menyebut Jessica menaruh racun sianida dengan kadar 5 gram. Jessica disebut menutupi aksinya dengan cara meletakkan 3 paper bag di meja nomor 54.

“Terlihat gerakan tangan terdakwa mengambil 5 gram racun sianida dari tas warna cokelat di sebelah kirinya. Pada pukul 16.29 WIB terdakwa kemudian memasukkan sianida ke dalam gelas. Pada sekitar pukul 16.33 WIB terdakwa memindahkan paper bag ke belakang sofa,” ujar Jaksa membacakan analisa yuridis tuntutan dalam sidang di PN Jakpus pada Rabu (5/10/2016). (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi para petugas penanganan prasarana dan ...