Home > Ragam Berita > Nasional > Muhadjir Effendy Ungkapkan Mayoritas Guru Belum Bertugas Secara Profesional

Muhadjir Effendy Ungkapkan Mayoritas Guru Belum Bertugas Secara Profesional

Merauke – Hingga kini, tanah air masih menyisakan persoalan tentang guru. Adanya hal tersebut pun dibenarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Menurut dia, mayoritas guru di Indonesia belum profesional. Hal tersebut pun sangat tampak saat mereka bertugas.

Muhadjir Effendy Ungkapkan Mayoritas Guru Belum Bertugas Secara Profesional

Nah, pihaknya kini sedang berupaya meningkatkan profesionalitas guru lewat berbagai upaya. “Sampai sekarang sebagian besar belum profesional walaupun tunjangan profesinya sudah diterima,” kata Muhadjir di Merauke, Papua, Kamis (6/10/2016).

Tunjangan profesi yang bertujuan menjadikan guru lebih semangat dan profesional, menurut dia, ternyata salah ditafsirkan oleh tenaga pendidik.

“Dulu sebelum dia profesional sudah dikasih tunjangan supaya dia lebih profesional, ternyata lupa, dia menikmati tunjangan tapi tidak profisional juga,” ujar Muhadjir.

Sejak penetapan tunjangan profesi oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pesertanya hanya tujuh persen dari jumlah guru yang ada saat itu sehingga APBN yang dikeluarkan untuk membayar tunjangan hanya Rp 7 triliun.

“Kepemimpinan Jokowi sekarang menanggung beban kebijakan Pak SBY dulu, sekarang menjadi Rp 72 lebih triliun,” kata Muhadjir.

Dia menambahkan, dari total tiga juta guru yang ada, baru 61 persen yang mendapat tunjangan profesi sehingga jika memproyeksikan seluruh guru menerima tunjangan maka dana yang dikeluarkan oleh negara cukup besar. (Tita Yanuantari – harinindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan masuk ke Amerika Serikat oleh US ...