Home > Ragam Berita > Internasional > Parlemen Polandia Tidak Mengesahkan RUU Antiaborsi

Parlemen Polandia Tidak Mengesahkan RUU Antiaborsi

Warsawa – Beberapa warga Polandia melakukan aksi demo. Mereka meminta RUU Antiaborsi segera disahkan. Namun, pemerintah Polandia telah mengambil keputusan. Mereka menolak rancangan undang-undang yang diajukan.

Parlemen Polandia Tidak Mengesahkan RUU Antiaborsi

Sebagaimana diberitakan BBC pada Kamis (6/10/2016), Rancangan UU antiaborsi yang dibahas di parlemen mengusulkan untuk melarang dilakukannya aborsi, kecuali nyawa ibu yang mengandung dalam bahaya. Dalam pemungutan suara yang baru saja berlangsung, anggota parlemen Polandia menolak UU Antiaborsi tersebut dengan 352 suara berbanding 58 suara.

Rancangan UU tersebut datang dari inisiatif kelompok warga antiaborsi yang berhasil mengumpulkan 450 ribu tandatangan. Namun, inisiatif tersebut tidak disponsori oleh partai berkuasa Polandia, Partai Hukum dan Keadilan (PiS) dan para anggota parlemen diberikan kebebasan untuk memilih.

Ratusan ribu perempuan melakukan protes menentang rancangan UU itu di sejumlah kota di seantero Polandia dengan pada Senin (3/10/2016). Unjuk rasa ini cukup untuk membuat partai PiS memutuskan untuk menolak rancangan UU tersebut.

Wakil Perdana Menteri (PM) Polandia Jaroslaw Gowin bahkan Senin lalu bahkan sempat meyakinkan para demonstran dengan mengatakan rancangan UU tersebut tidak akan disahkan di parlemen.

Saya ingin meyakinkan kembali kepada siapapun yang takut aborsi akan sepenuhnya dilarang di Polandia. Proyek pelarangan aborsi sepenuhnya tentu tidak akan disahkan. Aborsi tetap diperbolehkan bagi para perempuan yang diperkosa atau yang nyawanya terancam,” tukas Gowin. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...