Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Trik untuk Menjaga Busi Tetap Bersih

Inilah Trik untuk Menjaga Busi Tetap Bersih

Jakarta – Kendaraan memang harus dirawat secara berkala. Kerusakan yang terjadi pun harus segera diperbaiki. Jika tidak, sistem bakal terganggu. Karena itu, Anda harus rajin mengecek kendaraan. Nah, busi adalah salah satu komponen yang harus dicek secara berkala.

Inilah Trik untuk Menjaga Busi Tetap Bersih

Busi berpotensi kotor karena efek dari proses pembakaran. Umumnya, bagian busi yang kotor berada di ujung atau elektroda tengah. Kotoran yang sudah menumpuk akan menjadi kerak yang bisa menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga kendaraan sulit untuk dinyalakan dan bisa tiba-tiba mogok.

Supaya kotoran tidak menumpuk, ada baiknya pemilik rajin membersihkannya. Tidak perlu ke bengkel untuk membersihkan, pemilik mobil bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun dibutuhkan pengetahuan dan ketelitian karena salah-salah bisa merusak busi.

Agus Tan, General Manager Sales And Marketing Aftermarket PT NGK Busi Indonesia (NBI), menyarankan untuk tidak menggunakan sikat kawat dalam membersihkan busi.

“Selalu gunakan sikat nilon untuk membersihkan bagian ujung busi. Kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan sikat kawat, hal ini untuk menghindari kerusakan di bagian ujung busi juga menghindari kemungkinan bagian kecil dari kawat yang tertinggal di permukaan elektroda,” katanya pada Kamis (6/10/2016).

Selain itu, membersihkan busi juga tidak boleh menggunakan cairan kimia. “Karena dikhawatirkan mengandung elemen yang berbahan dasar besi,” ujarnya.

x

Check Also

Inilah Beberapa Tip Melenyapkan Stres dengan Waktu Singkat

Inilah Beberapa Tip Melenyapkan Stres dengan Waktu Singkat

Jakarta – Stres adalah musuh terbesar setiap orang. Rasa tertekan akan mampu membuat pikiran dan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis