Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Inilah Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Jakarta – Di tengah musim kemarau seperti pada saat ini memang membuat nyamuk datang berbondong bondong. Nyamuk memang membawa banyak penyakit yang bisa mematikan seperti malaria dan demam berdarah. Rasa gatal dari nyamuk juga sering kali mengganggu istirahat malam sehingga Anda tidak dapat beraktifitas dengan maksimal keesokan harinya.

Inilah Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Obat nyamuk di pasaran seringkali mengandung aerosol dan juga beracun sehingga berbahaya jika dipakai setiap hari. Sebagaimana diberitakan Health Me Up pada Kamis (5/10/2016), 5 bahan alami sehingga tidak membahayakan kesehatan walaupun dipakai setiap saat, lengkap dengan cara penggunaannya agar nyamuk tidak lagi mau mendekati anda.

Berikut kelima bahan dan resep tersebut :
1. Minyak intaran
Intaran juga disebut dengan Neem, tanaman ini memang belum banyak dikenal di Indonesia, tetapi anda mungkin menemukannya jika bertanya pada penghobi tanaman. Tanaman ini dapat dipanaskan dengan minyak kelapa untuk membuat minyak intaran. Ketika digosokkan kekulit minyak intaran bisa jadi solusi yang efektif untuk mengusir nyamuk.

2. Bawang putih
Bahan yang selalu ada di dapur ini juga bisa menjadi bahan anti nyamnuk. Caranya sangat mudah, hanya dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih dan mencampurkannya dengan minyak mineral. setelah didiamkan selama sehari, saring ramuan untuk mendapatkan minyaknya saja. Tambahkan ramuan yang sudah tersaring tersebut dengan 2 cangkir air dan 1 sdm jus lemon, lalu letakkan dalam botol spray. Semprotkan pada kulit lalu ratakan untuk menggantikan lotion antinyamuk.

3. Minyak lavender
Tidak hanya berbau wangi, tanaman lavender memang sudah terkenal menjadi bahan pengusir serangga sejak berabad-abad. Jika anda mempunyai minyak lavender, oleskan pada tubuh selayaknya memakai parfum. pengaplikasian di leher, lengan dan belakang telinga, sudah cukup untuk mengusir nyamuk yang mengerumuni anda.

4. Esens vanilla
Dengan cara yang sama dengan Minyak Lavender, mengaplikasikan esens vanila di tubuh anda nyamuk akan pergi menjauh.

5. Minyak esensial
Banyak bahan alami dari minyak essensial dapat menjadi bahan yang efektif dalam mengusir nyamuk, antara lain minyak esensial dari bahan peppermint, thyme, dan basil.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

London – Terjadi peningkatan kebiasaan orang dewasa melihat smartphone mereka di Inggris, yakni menjadi 150 ...