Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Tanggapan Menko Polhukam tentang Penambahan Anggaran Parpol

Inilah Tanggapan Menko Polhukam tentang Penambahan Anggaran Parpol

Jakarta – Revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Dana Partai Politik (Parpol) bakal dilakukan. Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Dia menegaskan setuju dengan rencana Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Inilah Tanggapan Menko Polhukam tentang Penambahan Anggaran Parpol

Kemendagri telah menyampaikan pengajuan revisi aturan tersebut ke Sekretariat Negara (Sekneg) berdasarkan masukan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), agar memberikan tambahan anggaran bantuan kepada parpol dari sebelumnya Rp108 juta setiap suara yang diperoleh dari total suara partai di DPR RI.

“Itu ada betulnya, mengapa? Karena parpol organisasi yang sangat luas. Jaringan se-Indonesia dan organisasi itu butuh dana kalau tidak ada atau terbatas maka jadinya akan meminta iuran dari anggota,” kata Wiranto di Gedung KPK pada Jumat (7/10/2016).

Menurut Wiranto, selama ini iuran anggota berpotensi menyebabkan ‎terjadinya praktik korupsi. Hal itu, lantaran setiap anggota akan diberatkan dengan adanyasumbangan guna membiayai aktivitas partai politik.

‎”Sementara anggota dari mana? Tentu mereka mencari dana yang bisa digerus dan apabila setan lewat akan menggerus dana negara. Tapi kalau sudah cukup di organisasi otomatis tidak ada lagi kepentingan tertentu,” katanya.

Mantan Ketua Umum Partai Hanura ini memastikan, bahwa tambahan bantuan negara kepada parpol nantinya wajib diaudit oleh BPK dan lembaga antirasuah ini. Pasalnya, dana yang dipakai merupakan uang rakyat.

“Harus ada audit KPK dan justru itu harus. Ini untuk mendapatkan dana negara harus siap diaudit,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai hari ini melaksanakan pembukaan rute baru untuk mengurangi ...