Home > Ragam Berita > Nasional > Empat Jalan Tol Ini Akan Mengalami Kenaikan Tarif Sebelum Akhir Tahun

Empat Jalan Tol Ini Akan Mengalami Kenaikan Tarif Sebelum Akhir Tahun

Jakarta – Ada empat jalan tol yang akan mengalami penyesuaian tarif oleh pemerintah sebelum akhir tahun 2016, didasarkan pada Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Empat Jalan Tol Ini Akan Mengalami Kenaikan Tarif Sebelum Akhir Tahun

Di dalamnya disebutkan bahwa tarif tol dihitung berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan, besar keuntungan, biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi. Evaluasi dan penyesuaian tarif tol pun dilakukan setiap dua tahun sekali oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

Empat jalan tol yang akan mengalami penyesuaian tarif sebelum akhir tahun 2016 yaitu:

1. Ruas Jalan Tol Profesor Dr. Ir Sedyatmo, lewat operator Jasa Marga, tarif golongan I terakhir sebesar Rp 6.000 dan dilakukan penyesuaian tarif tol per Oktober 2016.
2. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, lewat operator Jasa Marga, tarif golongan I terakhir sebesar Rp 13.500 dan dilakukan penyesuaian tarif tol per tanggal 16 Oktober 2016.
3. Ruas Jalan Tol Kertosono-Mojokerto seksi I, lewat operator Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), tarif golongan I terakhir sebesar Rp 10.000 dan dilakukan penyesuaian tarif tol per tanggal 17 Oktober 2016.
4. Ruas Jalan Tol Surabaya-Gresik, lewat operator Marga Bumi Matra Raya, tarif golongan I terakhir sebesar Rp 12.000 dan dilakukan penyesuaian tarif tol per tanggal 23 Desember 2016.

“Tarif yang baru disetujui itu tol Profesor Dr. Ir Sedyatmo, naiknya sekitar Rp 1.000. Untuk yang lain masih menunggu perhitungan inflasi,” ujar Kepala BPJT, Hery Trisaputra Zuna, di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Menurut Hery Trisaputra, penyesuaian tarif tol tinggal menunggu waktu saja karena kajiannya telah berada di meja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan tinggal menunggu tanda tangan saja.

“Sekarang sedang dalam persiapan. Kajiannya sudah masuk (masuk meja Menteri PUPR). Tinggal tanda tangan Pak Menteri untuk persetujuan,” tandasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Golkar Berpeluang Ajukan Kadernya sebagai Cawapres Dalam Pilpres 2019

Golkar Berpeluang Ajukan Kadernya sebagai Cawapres Dalam Pilpres 2019

Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, membuka peluang bagi partainya untuk menyodorkan nama ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis