Home > Ragam Berita > Nasional > NU Jakarta Bela Ahok Soal Video yang Dituduhkan Melecehkan Agama

NU Jakarta Bela Ahok Soal Video yang Dituduhkan Melecehkan Agama

Jakarta – Terkait video rekaman pidato Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di depan masyarakat Kepulauan Seribu yang dinilai telah melecehkan agama Islam karena membawa-bawa Surat Al-Maidah ayat 51, Wakil Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama DKI Jakarta, Taufik Damas, justru melihatnya berbeda.

NU Jakarta Bela Ahok Soal Video yang Dituduhkan Melecehkan Agama

Menurut Taufik Damas, dirinya telah melihat video rekaman tersebut secara lengkap dan ia menilai Ahok tidak bermaksud melecehkan Al Quran karena pada saat itu Ahok ingin menyampaikan bahwa ada orang-orang yang seringkali menggunakan ayat-ayat Al Quran untuk kepentingan politik mereka.

“Khususnya menyangkut larangan memilih pemimpin non-Muslim. Jadi, titik tekannya adalah kalimat ‘membohongi pakai ayat’, bukan ayatnya yang membohongi,” kata Taufik lewat keterangan, Sabtu (8/10/2016).

Namun demikian, Taufik juga menyadari bahwa ucapan Ahok tersebut sangat berpotensi untuk disalahpahami, karena itu ia tidak merasa heran bila ada pihak-pihak yang merasa terganggu dengan apa yang disampaikan Ahok.

“Hanya saja, seharusnya kita lihat video aslinya yang utuh. Saya sudah melihat dan suasananya sangat cair. Masyarakat tampak antusias dan gembira mendengarkan pidato Ahok ketika itu,” kata Taufik.

Karena itu, Taufik menyarankan agar tidak ada lagi yang menggunakan isu SARA sebagai alat politik mereka sebab dapat berpotensi menimbulkan kontroversi.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menyebut Isu Kebangkitan PKI Sebagai Sesat Nalar

Pengamat Menyebut Isu Kebangkitan PKI Sebagai Sesat Nalar

Jakarta – Isu mengenai kebangkitan PKI beberapa waktu kebelakang telah menarik perhatian banyak pihak dalam ...