Home > Ragam Berita > Internasional > Tsai Ing-wen Tegaskan Negaranya Mempunyai Eksistensi

Tsai Ing-wen Tegaskan Negaranya Mempunyai Eksistensi

Taipei – Tsai Ing-wen adalah presiden Taiwan. Belum lama ini, dia menegaskan tidak akan patuh dengan pemerintah Tiongkok. Hal tersebut ditegaskan meski negaranya terus mendapat tekanan. Selain itu, perempuan berkacamata itu meminta Beijing mau mengakui kedaulatan negaranya dan segera berbicara dengan Taipei.

Tsai Ing-wen Tegaskan Negaranya Mempunyai Eksistensi

”Kami tidak akan tunduk pada tekanan. Tentu kami juga tidak akan mau kembali ke pola lama, yakni konfrontasi. Tiongkok harus menghadapi kenyataan bahwa kami memiliki eksistensi. Kedua pihak harus segera duduk bersama dan memulai pembicaraan secepatnya,” tutur Ing-wen sebagaimana diberitakan Time pada Senin (10/10/2016).

Sebagaimana diketahui, Tiongkok mengklaim Taiwan ke dalam wilayah kekuasaannya. Negeri Tirai Bambu bahkan siap menaklukkan Taiwan lewat kekuatan militer jika dibutuhkan.

Terpilihnya Tsai Ing-wen pada Januari 2016 memutar balik strategi Tiongkok dengan menggunakan perekonomian sebagai langkah meyakinkan warga Taiwan bahwa penyatuan secara politik tidak bisa dihindari. Penyatuan secara politik juga dilakukan demi kepentingan Taiwan sendiri.

Status Taiwan sendiri hingga kini masih belum jelas. Konsensus 1992 menyatakan bahwa Pemerintah Komunis Tiongkok dan Nasionalis Taiwan yang melarikan diri pada 1949 mengakui hanya ada satu Tiongkok. Tsai Ing-wen pada Mei 2016 menyatakan tidak mengakui konsensus tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Menegangkan, Video Aksi Pelanggan Menaklukkan Perampok di Starbucks

Menegangkan, Video Aksi Pelanggan Menaklukkan Perampok di Starbucks

California – Sebuah momen dramatis terabadikan oleh rekaman kamera ketika seorang pelanggan Starbucks, Cregg Jerri ...