Home > Ragam Berita > Nasional > Komisi IX DPR Instruksikan Dewan BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Pengawasan

Komisi IX DPR Instruksikan Dewan BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Pengawasan

Jakarta – kinerja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dianggap belum maksimal. Karena itu, hal tersebut kini menjadi sorotan anggota Komisi IX DPR. Tidak optimalnya kinerja tersebut terkait dengan pendaftaran beberapa tenaga kerja.

Komisi IX DPR Instruksikan Dewan BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Pengawasan

“Kami melihat bahwa BPJS Ketenagakerjaan ini bekerja belum optimal, satu contoh misalnya masalah rekening pekerja outsourcing yang tidak bertambah di BPJS Ketenagakerjaan padahal gaji mereka dipotong terus,” kata anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Elva Hartati di Jakarta pada Selasa (11/10/2016).

Karena itu, pihaknya telah menginstruksikan kepada Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan untuk mengawasi hal tersebut. Sementara itu, anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani juga menyatakan masih adanya persoalan karyawan di daerah yang masih belum mendapatkan hak-haknya sebagai pekerja.

“Kemarin saya di dapil, ada 650 karyawan salah satunya perusahaan pabrik gula yang datang ke saya. Mereka pekerja kontrak outsourcing yang dikerjakan pada pihak ketiga. Kawan-kawan ini belum mendapatkan hak-haknya,” tutupnya.

Dia menjelaskan sejumlah karyawan ini tidak mendapatkan hak-haknya meski para karyawan tersebut terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan tempat perusahaan outsourcing.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif meminta kepada seluruh jajaran pimpinan cabang dan karyawan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan atau peserta jaminan ketenagakerjaan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Bakal Benahi Alur Pengaduan Warga di Balai Kota

Anies Bakal Benahi Alur Pengaduan Warga di Balai Kota

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan warga tidak pernah dilarang datang ke Balai ...