Home > Gaya Hidup > Tips > Cegukan ? Inilah Trik Menghindarinya

Cegukan ? Inilah Trik Menghindarinya

Jakarta – Cegukan adalah sesuatu yang pernah dialami oleh semua orang di dunia. Meski sepele, cegukan juga sering membuat kita jengkel dan terganggu.

Cegukan ? Inilah Trik Menghindarinya

Dr. Lourdes DelRosso, asisten profesor pediatri di Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa cegukan adalah proses kontraksi otot utama di sekitar area respirasi yang berlangsung secara singkat. Kejadian ini berlangsung ketika diafragma kita mengalami kontraksi secara mendadak.

Pengetatan terhadap otot-otot diafragma tersebut akan memaksa tubuh untuk menutup ruangan antra pita suara. Akibatnya, terdengarlah bunyi “hiks”.

Cegukan biasa terjadi ketika kita makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, atau menenggak minuman bersoda.
Untuk menghindari cegukan, maka kita harus melakukan hal yang berkebalikan dengan penyebabnya, yakni makan dengan perlahan dan tidak terburu-buru, tidak banyak mengunyah permen karet, dan mengurangi konsumsi minuman bersoda.

Adapun Dr. Lourdes DelRosso juga mengingatkan bila anda mengalami cegukan yang berlangsung lama, atau bahkan mencapai dua hari, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Sebab, cegukan yang berlangsung lama tadi bisa menyebabkan terjadinya radang atau bisa menjadi satu tanda bahwa sedang terjadi sesuatu yang tidak normal di dalam tubuh anda. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pisang Bermanfaat Untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

Pisang Bermanfaat Untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

Jakarta – Pisang selain menjadi buah primadona sebagai pencuci mulut yang lezat, pisang ternyata juga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis