Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : KPK Imbau Pemerintah Bertindak Tegas soal Pungli

Berita Terkini : KPK Imbau Pemerintah Bertindak Tegas soal Pungli

Jakarta – Saut Situmorang belum lama ini memberikan imbauan kepada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut meminta lembaga tersebut berintegritas untuk memberantas pungutan liar (pungli) di kementerian atau lembaga lain.

Berita Terkini : KPK Imbau Pemerintah Bertindak Tegas soal Pungli

“KPK dalam kaitan program membangun tunas integritas, terus mendorong APIP untuk terus membangun integritas,” ujar Laode saat dikonfirmasi, Kamis (13/10/2016).

Imbauan tersebut dijelaskan saat polisi melakukan operasi tangkap tangan (OTT). OTT tersebut menargetkan oknum pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebagaimana diketahui, operasi tersebut diselenggarakan pada Selasa (11/10/2016).

Baca juga: http://www.harianindo.com/2016/10/13/144145/komisi-iii-dpr-imbau-kapolri-untuk-berantas-pungli-di-samsat/

Dia menjelaskan, agar kasus serupa tidak terulang, kegiatan rutin pun telah dijadwalkan. ‎Hal tersebut bertujuan membuat Indonesia terbebas dari pungli.

“Dari waktu ke waktu dimaksudkan agar para APIP atau inspektorat memiliki daya tahan dan keunggulan di organisasi mereka,” ungkap Saut.

“Karena KPK paham betul yang setiap hari mengawasi adalah inspektorat. Di mana mereka harus memiliki keberanian bahkan menegur pejabat tertinggi di organisasi mereka,” tambahnya.

Saut mencontohkan, ‎terdapat beberapa daerah yang aparat pengawasnya memang sudah mulai berani membuka ruang dialog atau debat bicara dengan para gubernurnya.
“Misal, KPK secara rutin setahun beberapa kali melakukan pertemuan dan bimbingan tindak lanjut upaya konkret apa yang harus dilakukan agar mereka dalam nyusun rencana anggaran dan dalam kaitan good governance,” jelas Saut. (Tita Yanuantari – harainindo.com)

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...