Home > Ragam Berita > Nasional > Presiden Erdogan Layangkan Kritik kepada Hillary Clinton

Presiden Erdogan Layangkan Kritik kepada Hillary Clinton

Ankara – Recep Tayyip Erdogan belum lama ini melayangkan kritik. Hal tersebut ditujukan kepada kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat. Dia adalah Hillary Clinton. Presiden Turki tersebut menjelaskan, capres tersebut dinilai bakal memberikan persenjataan kepada pemberontak Kurdi di Suriah (PYD).

Presiden Erdogan Layangkan Kritik kepada Hillary Clinton

Rencana tersebut disampaikan Hillary pada Deabt Capres AS 2016 putaran kedua, Minggu 9 Oktober. Pada saat itu, Hillary ditanya bagaimana cara menangani konflik Suriah jika terpilih sebagai Presiden AS. Hillary menjawab, ia akan mempersenjatai pemberontak Kurdi.

Baca juga: http://www.harianindo.com/2016/10/12/143950/ratusan-polisi-turki-ditangkap-terkait-dengan-kudeta-gagal/

”Clinton mengatakan, ‘Kita akan melanjutkan mendukung pemberontak Kurdi PYD dan YPG.’ Ini adalah pernyataan yang amat saya sayangkan,” ujar Erdogan sebagaimana diberitakan Memo pada Kamis (13/10/2016).

Meski demikian, Hillary tidak menyebut secara jelas pemberontak itu adalah PYD yaitu cabang Partai Pekerja Kurdi (PKK) di Suriah. Hingga kini, Erdogan sendiri masih berperang untuk menumpas perlawanan PKK yang dianggapnya pemberontak di Turki.

”Mempersenjatai pemberontak Kurdi seharusnya tidak dilakukan. Langkah tersebut tidak dapat diambil. Apakah kamu (Hillary) tidak menyadari kematian 600 ribu warga melalui orang-orang bersenjata yang kamu berikan? Di manakah Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (HAM)? Di manakah hukum? Di manakah pentingnya kehidupan manusia?” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Kritik Cara Pemerintah Bubarkan Ormas

Fadli Zon Kritik Cara Pemerintah Bubarkan Ormas

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengeritik pencabutan status badan hukum Hizbut Tahrir ...