Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Inilah 8 Faktor Risiko Kanker Payudara

Inilah 8 Faktor Risiko Kanker Payudara

Jakarta – Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling banyak diderita wanita dan bersifat mematikan. Meski demikian, belum ada yang tahu pasti apa penyebab utama kanker payudara yang juga bisa menyerang pria tersebut.

Inilah 8 Faktor Risiko Kanker Payudara

Para peneliti serta ilmuwan berusaha untuk mencari tahu serta memahami alasan mengapa kanker payudara bisa terjadi. Berdasarkan penelitian, berikut ini beberapa faktor risiko yang mungkin saja bisa mengembangkan kanker payudara seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (13/10/2016):

1. Jenis kelamin
60 persen penderita kanker payudara di dunia adalah wanita. Memang, kanker payudara bisa juga terjadi pada pria, tapi jauh sangat rendah dibanding jumlah wanita penderita kanker payudara.

2. Usia
Semakin tua Anda, semakin besar risiko terkena kanker payudara. 80 persen penderita kanker berusia di atas 55 tahun, lebih dari setengah penderita baru adalah wanita dengan usia di bawah 60 tahun dan lebih dari 1/3 terjadi pada wanita dengan usia di atas 75 tahun. Kanker payudara juga lebih rentan terjadi pada wanita setelah menopause.

3. Terpapar hormon reproduksi
Jika Anda haid terlalu dini atau menopause terlalu lama, Anda telah terpapar hormon reproduksi wanita estrogen dan progesteron untuk waktu yang lama. Paparan jangka panjang ini bisa menempatkan Anda pada risiko tinggi kanker payudara. Studi menemukan, wanita yang menggunakan pil KB memiliki risiko sedikit lebih besar terkena kanker dibanding wanita yang tidak pernah menggunakannya. Meskipun, pil KB telah terbukti mampu mengurangi risiko endometrium dan kanker ovarium.

4. Genetik
Faktor genetik disebut-sebut sebagai pembawa kanker payudara. Pada awal 1990-an, para ilmuwan menemukan disposisi genetik untuk kanker payudara bermutasi dari gen BRCA 1 dan BRCA 2 (nama untuk kanker payudara). Namun, genetik penyebab kanker payudara masih misteri. Hanya 40 persen dari kanker terkait dengan keturunan 2 gen tersebut dan hanya 5-1 persen kanker payudara turun temurun.

5. Paparan karsinogen
Faktor lingkungan sepertinya bisa memicu kanker payudara. Bahan kimia seperti karsinogen yang sering ditemui di lingkungan kerja disebut bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Pekerjaan yang berhubungan dengan manufaktur plastik atau pengalengan makanan, memiliki 2 kali risiko terkena kanker payudara.

6. Diet
Penelitian menemukan, makan beberapa jenis makanan seperti tinggi lemak bisa memicu kanker payudara. Makanan tinggi lemak tak hanya dapat merusak otak tapi bisa menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas yang merupakan faktor risiko kanker payudara.

7. Obesitas
Sel-sel lemak membuat estrogen, dan ketika sel-sel payudara yang terkena kelebihan estrogen dari waktu ke waktu, risiko terkena kanker payudara lebih tinggi. Kenaikan berat badan setelah menopause juga dapat memicu kanker.

Baca juga: 4 Manfaat Tidak Mengenakan Bra

8. Kurang olahraga
Olahraga adalah kunci mencegah kanker payudara karena bisa mengontrol gula darah dan membatasi kadar darah yang disebut faktor pertumbuhan insulin, hormon yang dapat mempengaruhi bagaimana sel-sel payudara tumbuh dan berperilaku. Olahraga juga dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap stabil. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Beberapa Cara Sederhana Untuk Hindari Difteri Yang Sedang Mewabah

Beberapa Cara Sederhana Untuk Hindari Difteri Yang Sedang Mewabah

Jakarta – Difteri akhir-akhir ini sudah menjadi wabah yang sangat bahaya di Indonesia. Difteri (diphteria) ...