Home > Teknologi > Internet > Google Akuisisi Perusahaan Marketing Digital FameBit

Google Akuisisi Perusahaan Marketing Digital FameBit

Jakarta – Alphabet Inc selaku perusahaan induk Goofle disebut telah membeli FameBit, platform teknologi online yang menghubungkan kreator video atau bintang YouTube dengan pemasar yang ingin mensponsori konten mereka.

Google Akuisisi Perusahaan Marketing Digital FameBit

Lewat sebuah postingan di blog resminya, Minggu (16/10/2016), Google menyebut kolaborasi antara pengiklan dan kreator konten dapat membantu meningkatkan jumlah konten bermerek yang tersedia. Reuters melaporkan, kolaborasi ini juga akan membantu YouTube mendapatkan keuntungan lebih.

Akuisisi tersebut pun menjadi langkah penting bagi YouTube, yang selama ini dihantui oleh persoalan monetisasi. Tidak hanya bagi YouTube sebagai platform, masalah ini juga menimbulkan kekhawatiran bagi kreator video.

Sebelumnya, YouTube diketahui telah berinovasi untuk menghadirkan dukungan yang lebih besar pada bidang monetisasi melalui program rekan yang ditawarkannya. Namun, akuisisi ini dinilai menjanjikan peluang lebih besar untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

FameBit adalah salah satu perusahaan yang didukung oleh studio startup di Los Angeles, yaitu Science Inc. CEO FameBit, David Kierzkowski yang diwawancarai Techcrunch tahun lalu mengungkap, platform-nya terfokus pada kreator dengan ide kreatif dan berdedikasi secara jangka panjang, bukan hanya bintang YouTube yang ingin terkenal.

Sayangnya, Google tidak bersedia untuk memberikan informasi terkait dengan jumlah dana yang terlibat dalam transaksi ini. Pada blog-nya, Google juga menyebut FameBit, yang telah memiliki 25 ribu video, akan tetap beroperasi secara mandiri hingga saat ini.

Baca juga: Google Sediakan Fitur Fact Check Untuk Menyaring Berita Hoax

FameBit pun menambah deretan perusahaan yang diakuisisi oleh Google untuk memperkuat bisnis dan dukungan teknologi perusahaannya. Pada awal September lalu, Alphabet Inc juga mengumumkan anak perusahaannya tersebut telah mengakuisisi Apigee untuk mendukung layanan dan platform bisnis di bidang cloud. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kominfo Pertimbangkan Tutup Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube

Kominfo Pertimbangkan Tutup Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sadar betul apabila radikalisme merupakan musuh penting yang ...