Home > Ragam Berita > Nasional > DPR Segera Bacakan RUU dan Ampres di Sidang Paripurna

DPR Segera Bacakan RUU dan Ampres di Sidang Paripurna

Jakarta – Draf Rancangan Undang-Undang Pemilu (RUU Pemilu) dan Amanat Presiden (Ampres) RUU Pemilu bakal segera dibahas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mereka pun sangat optimistis pembahasan tersebut tidak berlangsung lama. Meski beberapa poin krusial dan alot, pembahasan tersebut bakal lancar serta segera selesai.

DPR Segera Bacakan RUU dan Ampres di Sidang Paripurna

“Dengan semangat kebersamaan, saya meyakini semua pihak berkepentingan dengan pelaksanaan pemilu yang baik di masa yang akan datang. Pemilu adalah hajat bersama, karena itu tidak ada alasan untuk meragukan keseriusan pemerintah maupun DPR,” ujar Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/10/2016).

Nanti, draf RUU dan Ampres akan ditindaklanjuti DPR dengan segera membacakannya di Paripurna, selanjutnya dibawa ke rapat badan musyawarah (Bamus) untuk disepakati dengan pembentukan panitia khusus lintas komisi ataupun pansus internal di Komisi II.

Baca juga: Kejaksaan Terima Pelimpahan Berkas Perkara Kepala Bulog Divre DKI-Banten

Taufik pun tak mempermasalahkan keterlambatan pemerintah mengirimkan draf RUU dan Ampres. “Pemerintah betul-betul telah mempersiapkan segalanya agar RUU Pemilu betul-betul berkualitas, sehingga proses pembahasan dan pengesahan lebih terukur dan terencana mengingat waktu persiapan tahapan pemilu semakin dekat, di mana awal 2017,” papar Taufik.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu meminta poin-poin krusial yang banyak dalam draf RUU Pemilu dibahas secara lebih mendalam. Di antaranya tentang ambang batas parlemen (parliamentary threshold), sistem terbuka-tertutup atau perpaduan antara keduanya hingga persoalan penambahan kursi seiring dengan bertambahnya jumlah wilayah pemilihan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Info Mudik 2017: Kendaraan di Pantura Jawa Barat Ramai Lancar di H-1

Info Mudik 2017: Kendaraan di Pantura Jawa Barat Ramai Lancar di H-1

Indramayu – Pada H-1 Lebaran, Sabtu (24/6/2017), volume kendaraan yang melintas di jalur Pantura Indramayu, ...