Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Komentar Masyarakat Terkait Banyaknya Aksi Pungli

Inilah Komentar Masyarakat Terkait Banyaknya Aksi Pungli

Jakarta – Kasus Pungutan liar (pungli) memang telah menjadi sorotan di tanah air. Berbagai pihak pun ramai membicarakan hal tersebut. Tidak terkecuali masyarakat umum.

Inilah Komentar Masyarakat Terkait Banyaknya Aksi Pungli

Misalnya, Supri. Dia adalah salah seorang driver ojek online. Dia menjelaskan pernah menjadi korban pungli. Hal tersebut terjadi saat mengurus SIM atau STNK. Dia ditarik biaya saat ditarik biaya saat mengurus surat-surat di RT-RW.

”Tapi saat ini di tingkat RT/RW, keluharan sudah enggak ada pungli. Tapi untuk pengurusan surat-surat tilang segala macem itu masih ada,” ujarnya kepada Tim Redbons pada Selasa (25/10/2016).

Supri menyambut baik pelarangan pungli oleh presiden. Namun menurutnya, saat pungli sudah tak ada, pelayannya janganlah diperlambat.

”Kalau bisa sistem admistrasinya dipersingkat dan dipercepat enggak usah diperlambat. Mentang-mentang pungli dihapus. Tapi, tetap pembuatan ini-itunya dibikin molor,” katanya.

Rizal, warga lainnya, juga pernah menjadi korban dari pungli. Ia pun mengibaratkan pungli di kelurahan sebagai uang rokok.

”Cuma namanya pungli kita mau gmana lagi, untuk mempermudah mempercepat proses mereka minta imbalan juga,” katanya.

Baca juga: Ketua Komisi III Curigai Adanya Pemainan Dalam Hilangnya Dokumen TPF Munir

Sementara itu, seorang karyawan swasta bernama Widi menyatakan, pemberantasan pungli yang dilakukan pemerintah sudah cukup baik. Namun, ia mengingatkan agar hal itu tak hanya menjadi shock therapy.

”Jangan cuma jadi shock terapi doang. Cuma awal-awal bagus, terus melempem di belakang,” katanya. (Tita Yanuantari – harinaindo.com)

x

Check Also

Berkomentar Soal Pertemuan Jokowi dan GNPF MUI, Buni Yani Justru Disindir Netizen

Berkomentar Soal Pertemuan Jokowi dan GNPF MUI, Buni Yani Justru Disindir Netizen

Jakarta – Terdakwa kasus pengunggahan dan pengeditan video mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ...