Home > Ragam Berita > Nasional > Ratusan Insinyur Indonesia Dikirim ke Korsel untuk Pelajari Pembuatan Kapal Selam

Ratusan Insinyur Indonesia Dikirim ke Korsel untuk Pelajari Pembuatan Kapal Selam

Jakarta – Pertahanan di tanah air terus dikembangkan. Seiring dengan kerja sama dengan Korsel, pemerintah Indonesia mengirimkan sekitar 300 insinyur ke negeri tersebut. Tujuannya, mereka mempelajari pembuatan kapal selam.

Ratusan Insinyur Indonesia Dikirim ke Korsel untuk Pelajari Pembuatan Kapal Selam

Direktur Teknologi Industri Pertahanan Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan (Kemhan), Brigjen TNI Jan Pieter Ate mengatakan, pengiriman 300 insinyur tersebut merupakan bagian dari kontrak pembelian kapal selam antara Pemerintah RI dan Korea Selatan.

“Tugas mereka belajar bagaimana membuat kapal selam,” ujar Pieter di Jakarta pada Rabu (26/10/2016).

Pieter menjelaskan, pemerintah tengah mencanangkan pembangunan kapal selam secara mandiri di dalam negeri. Dalam rencana strategis postur pertahanan tercatat, hingga 2029 Indonesia akan memiliki 12 unit kapal selam.

Baca juga: Sudi Silalahi Berikan Salinan Dokumen TPF Munir ke Mensesneg

Pengiriman 300 insinyur Indonesia ke Negeri Ginseng, kata Pieter, merupakan bagian dari transfer teknologi antara dua negara. Harapannya, ke depan pembuatan kapal selam bisa dilakukan di dalam negeri oleh tenaga-tenaga terampil yang dimiliki Indonesia.

“Satu unit kapal selam akan dibuat di Korsel. Unit kedua, ketiga, harapannya bisa dibangun sendiri di dalam negeri oleh insinyur kita,” ucap Pieter. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Open House, Hidayat Nur Wahid Menyinggung Tentang Terorisme

Open House, Hidayat Nur Wahid Menyinggung Tentang Terorisme

Jakarta – Hidayat Nur Wahid selaku Wakil Ketua MPR RI mengutuk aksi penyerangan Mapolda Sumut ...