Home > Ragam Berita > Nasional > Presiden Jokowi Putuskan Kelanjutan Kasus Munir

Presiden Jokowi Putuskan Kelanjutan Kasus Munir

Jakarta – Kasus pembunuhan Munir Said Thalib hingga kini belum terkuak. Sebagaimana diketahui, aktivis tersebut meninggal lantaran diracun di dalam pesawat Garuda GA-974. Peristiwa tersebut terjadi saat korban perjalanan ke Amsterdam. Meski telah membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kasus tersebut belum terkuak.

Presiden Jokowi Putuskan Kelanjutan Kasus Munir

Melalui kerja TPF ini, ada sejumlah temuan dan rekomendasi yang diberikan kepada SBY pada akhir Juni 2005 silam melalui laporan akhirnya. Namun, kala itu sampai SBY lengser pada 2014, laporan akhir TPF kasus Munir tak juga disampaikan kepada publik.

Tindak lanjut penanganan kasus ini pun berlarut, meski sudah ada pihak yang dimintai pertanggungjawabannya, seperti , Pollycarpus Budihari Prijanto yang telah menghirup udara bebas. Terlebih, dokumen asli laporan akhir TPF kasus Munir yang diberikan kepada SBY entah berada dimana.

Baca juga: Ratusan Insinyur Indonesia Dikirim ke Korsel untuk Pelajari Pembuatan Kapal Selam

Mantan Anggota TPF kasus Munir, Hendardi mengatakan, dengan berbagai polemik yang berkembang belakangan ini, kelanjutan kasus pembunuhan Munir tetap berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meskipun harus menggunakan salinan dokumen laporan akhir TPF sebagai pedomannya.

“Proses hukum memang tanggung jawab Jokowi saat ini, dalam konteks proses hukum urusannya,” kata Hendardi pada Kamis (27/10/2016).

Meski demikian, Ketua Setara Institute itu tetap menegaskan, bahwa masalah dokumen asli dari TPF kasus Munir yang hilang tersebut, SBY masih harus bertanggung jawab. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Bela Merah Putih, #ShameOnYouMalaysia Jadi Trending Topic

Bela Merah Putih, #ShameOnYouMalaysia Jadi Trending Topic

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi, menumpahkan rasa kecewaanya terhadap penyelenggara SEA ...