Home > Ragam Berita > Nasional > Tim Advokasi Relawan Ahok Laporkan Situs Portal Piyungan

Tim Advokasi Relawan Ahok Laporkan Situs Portal Piyungan

Jakarta – Sebuah website bernama portalpiyungan.com baru-baru ini dilaporkan oleh Komunitas Advokat Muda Basuki-Djarot (Kotak Badja) kepada Polda Metro Jaya. Pasalnya, website tersebut diduga menyebarkan berita bohong. Website tersebut diduga menyebarkan informasi palsu terkait tentang kicauan Basuki T Purnama ( Ahok) di Twitter. Muannas Alaidid selaku Ketua Umum Kotak Badja mengatakan bahwa kicauan itu tidak benar adanya. Kicauan diunggah pada tanggal 24 Oktober itu berisi ancaman Ahok kepada Jokowi.

Tim Advokasi Relawan Ahok Laporkan Situs Portal Piyungan

“Jika Pak Presiden Jokowi Izinkan Bareskrim untuk periksa saya, kecurangannya saya ungkap ke publik.”

Namun, Muannas mengungkapkan setelah diselidiki pada tanggal tersebut tidak ada kicauan ancaman dari ahok seperti yang disebutkan oleh website tersebut. Kala itu Twitter milik AHok justru mengunggah tulisan mengenai bus Transjakarta. Maka atas dasar itu, Muannas memastikan bahwa berita itu palsu.

“Bus Transjakarta desain vintage hadir dikoridor desain 1, 5 dan 6. kedepan akan ada versi bus tingkatnya.”

“Hasil temuan kami ternyata pertama kali diunggah crop dan twit palsu ini oleh akun @restyies dan disebar luaskan oleh portalpiyungan.com,” kata Muannas dalam keterangannya, Rabu (26/10/16).

Hal tersebutlah yang lantas pihak Muannas akan melaporkan secara resmi situs website tersebut ke Polda Metro Jaya sesuai LP Nomor 5219/X/2016/PMJ/Ditreskrimsus Tertanggal 26 Oktober 2016. Hal tersebut juga bisa terancam pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 28 ayat 2 Jo pasal 45 ayat 1 undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman pidana 6 tahun penjara.

“Kami kira jelas ini berita bohong dan dapat dikualfikasikan sebagai perbuatan penghasutan dan menebar kebencian,” ujarnya. “Kita juga sama-sama tahu kan ini media (portalpiyungan.com) milik siapa,” tambahnya.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Program OK Otrip Hanya Bisa Menggunakan Kartu Khusus

Program OK Otrip Hanya Bisa Menggunakan Kartu Khusus

Jakarta – Budi Kaliwono selaku Direktur Utama PT Transjakarta kali ini sudah memberikan pernyataan terkait ...