Home > Gaya Hidup > Tips > Beberapa Olahraga Ini Dapat Hilangkan Depresi

Beberapa Olahraga Ini Dapat Hilangkan Depresi

Jakarta – Apakah Anda sering merasa mudah cemas? Atau mungkin Anda tengah dilanda depresi berat? Coba lakukan olahraga rutin. Olahraga diyakini bisa mengembalikan kesehatan tubuh dan pikiran.

Beberapa Olahraga Ini Dapat Hilangkan Depresi

Berikut tiga jenis olahraga yang telah diteliti dan dinyatakan efektif untuk menghilangkan gejala depresi sebagaimana diberitakan vemale.com pada Selasa (12/4/2016).

Olahraga Lari
Olahraga lari termasuk jenis olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya pun luar biasa, antara lain bisa membakar kalori, mengurangi nafsu makan, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Bahkan olahraga lari lima menit sehari saja bisa membantumu lebih panjang umur, menurut penelitian tahun 2014.

Ben Michaelis, PhD, psikolog klinis dan penulis buku Your Next Big Thing: 10 Small Steps to Get Moving and Get Happymengatakan bahwa lari bisa memperpanjang efek neurotransmiter serotonin dan norepinefrin yang bisa meningkatkan mood (memperbaiki suasana hati) ketika dan sesudah olahraga lari. Selain itu, gerakan lari yang berulang ternyata bisa memberi efek meditatif pada otak.

Hiking Menjelajah Hutan
Alam bisa memberi efek menenangkan pada pikiran. Berada di sekitar tanaman dan pepohonan bisa mengurangi gejala kecemasan dan meredakan depresi yang kita rasa.

Dalam sebuah penelitian tahun 2009 yang dipublikasikan di Environmental Health and Preventive Medicine,para peneliti Jepang mengirim para partisipan sebagian ke area hutan dan sebagian lagi ke area perkotaan. Hasilnya, orang-orang yang bisa melakukan jalan-jalan di sekitar hutan selama 20 menit memiliki kadar hormon stres yang lebih rendah dibandingkan orang-orang yang berada di kota.

Penelitian baru pun makin menegaskan bahwa menyatu dengan alam baik untuk kesehatan mental. Sebuah penelitian yang dipublikasikan musim panas lalu menemukan bahwa ketika orang muda jalan-jalan di alam selama 50 menit, gejala kecemasan mereka berkurang dan fungsi daya ingat mereka meningkat.

Yoga
Yoga sering dipilih sebagai perawatan tambahan untuk depresi. Yang menarik dari yoga adalah manfaatnya selain bisa membuat tubuh terasa lebih bugar, kemampuan mental kita akan lebih terjaga dan lebih baik. Para pakar menyebutkan karena yoga lebih menekankan pada teknis bernapas, maka gangguan kecemasan dan depresi yang bisa kita rasa bisa berkurang.

Jadi, apakah kamu mau coba salah satu dari olahraga di atas, Ladies? Semakin cepat kamu berhasil mendeteksi gejala depresi yang kamu rasa, maka semakin mudah kamu bisa mengatasinya dengan cara yang paling efektif termasuk dengan pemilihan olahraga yang benar.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sering Melihat Berita Hoax di Medsos ? Begini Cara Melaporkannya

Sering Melihat Berita Hoax di Medsos ? Begini Cara Melaporkannya

Jakarrta – Berita palsu memang kerap beredar di internet. Nah, hal tersebut pun menjadi pemberitaan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis