Home > Ragam Berita > Nasional > Fadli Zon: Sistem Pemilu Indonesia Harus Mapan

Fadli Zon: Sistem Pemilu Indonesia Harus Mapan

Jakarta – RUU Pemilu kini sedang dibahas. Hal tersebut dilakukan demi sistem pesta demokrasi rakyat tersebut lebih mapan. Tujuannya, jika ada pergantian pemimpin, hal tersebut tidak tidak bergantung dengan selera kekuasaan. Adalah Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang mengungkapkan pernyataan tersebut.

Fadli Zon: Sistem Pemilu Indonesia Harus Mapan

“Karena, kalau setiap lima tahun sekali kita ubah UU seperti ini, terlihat kita main-main dan tidak memiliki sistem penyelenggaraan pemilu yang mapan,” katanya di Gedung Nusantara II Komplek Parlemen DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Dia mengungkapkan, jika saja negara konsisten dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) maka yang berjalan adalah sistem proporsional terbuka. Menurut dia, semua pihak harus meyakini bahwa sistem tersebut yang dikehendaki masyarakat luas dan bisa diakomodir oleh partai-partai politik.

“Seharusnya kita sistem terbuka kalau konsisten dengan keputusan MK maka sistem pemilunya adalah proporaional terbuka,” ujarnya.

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan, memang saat ini diperlukan perubahan terkait putusan MK mengenai Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak.

Baca juga: Suhardi Alius : Jokowi Apresiasi dan Dukung Penumpasan Aksi Terorisme

Namun, dia menilai, sistem penyelenggaraan pemilu tidak perlu berubah yaitu tetap proporsional terbuka karena melalui sistem itu, masyarakat bisa berpartisipasi, bukan hanya parpol.

“Kalau hanya parpol yang berhak (berpartisipasi) berarti kita sudah memangkas hak masyarakat untuk dipilih,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Info Arus Mudik 2017: H+1 Tol Jakarta Arah Cikampek Lancar

Info Arus Mudik 2017: H+1 Tol Jakarta Arah Cikampek Lancar

Jakarta – Pada H+1, Senin (26/6/2017) malam, arus lalu lintas di ruas jalan tol Jakarta ...