Home > Ragam Berita > Nasional > Fadli Zon: Sistem Pemilu Indonesia Harus Mapan

Fadli Zon: Sistem Pemilu Indonesia Harus Mapan

Jakarta – RUU Pemilu kini sedang dibahas. Hal tersebut dilakukan demi sistem pesta demokrasi rakyat tersebut lebih mapan. Tujuannya, jika ada pergantian pemimpin, hal tersebut tidak tidak bergantung dengan selera kekuasaan. Adalah Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang mengungkapkan pernyataan tersebut.

Fadli Zon: Sistem Pemilu Indonesia Harus Mapan

“Karena, kalau setiap lima tahun sekali kita ubah UU seperti ini, terlihat kita main-main dan tidak memiliki sistem penyelenggaraan pemilu yang mapan,” katanya di Gedung Nusantara II Komplek Parlemen DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Dia mengungkapkan, jika saja negara konsisten dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) maka yang berjalan adalah sistem proporsional terbuka. Menurut dia, semua pihak harus meyakini bahwa sistem tersebut yang dikehendaki masyarakat luas dan bisa diakomodir oleh partai-partai politik.

“Seharusnya kita sistem terbuka kalau konsisten dengan keputusan MK maka sistem pemilunya adalah proporaional terbuka,” ujarnya.

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan, memang saat ini diperlukan perubahan terkait putusan MK mengenai Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak.

Baca juga: Suhardi Alius : Jokowi Apresiasi dan Dukung Penumpasan Aksi Terorisme

Namun, dia menilai, sistem penyelenggaraan pemilu tidak perlu berubah yaitu tetap proporsional terbuka karena melalui sistem itu, masyarakat bisa berpartisipasi, bukan hanya parpol.

“Kalau hanya parpol yang berhak (berpartisipasi) berarti kita sudah memangkas hak masyarakat untuk dipilih,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

FUI Merasa Terganggu Karena Universitas Kristen Pasang Poster Mahasiswi Berhijab

FUI Merasa Terganggu Karena Universitas Kristen Pasang Poster Mahasiswi Berhijab

Yogyakarta – Forum Umat Islam (FUI) Yogyakarta mendatangi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) pada Rabu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis